27 C
Medan
Selasa, September 17, 2024

Pemkab Humbahas Sosialisasi SPI dan Pencegahan Korupsi

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Doloksanggul (buseronline.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Humbahas melalui Inspektorat Kabupaten Humbahas mengadakan sosialisasi terkait Survei Penilaian Integritas (SPI) dan pencegahan korupsi. Kegiatan yang berlangsung di Ruang Rapat Sekretariat Daerah Kabupaten (Sekdakab), Perkantoran Bukit Inspirasi, Kecamatan Doloksanggul, ini dihadiri sejumlah pejabat dan peserta dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se Kabupaten Humbahas.

Acara sosialisasi dibuka secara resmi Bupati Humbahas yang diwakili Asisten Administrasi Umum Marsatti Tua Marbun. Dalam sambutannya, Marsatti menekankan pentingnya SPI sebagai alat untuk memetakan risiko korupsi serta membangun langkah-langkah pencegahan yang lebih efektif.

“Hasil dari SPI ini sangat bermanfaat, baik bagi Pemkab Humbahas maupun masyarakat secara umum, terutama dalam mengidentifikasi area yang rentan terhadap korupsi serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya integritas,” ujar Marsatti.

SPI 2023 dinilai memberikan berbagai manfaat, seperti menyediakan informasi tentang capaian upaya pencegahan korupsi yang telah dilakukan, mengidentifikasi area prioritas perbaikan, dan mendorong peran serta masyarakat dalam peningkatan kepercayaan publik.

“Kami berharap seluruh peserta dan OPD yang hadir dapat mengikuti sosialisasi ini dengan serius agar mampu meningkatkan kesadaran akan pencegahan korupsi mulai dari hal-hal kecil dalam kehidupan sehari-hari,” tambah Marsatti.

Plt Inspektur Kabupaten Humbahas De Zon Situmeang juga menjelaskan bahwa tujuan utama dari sosialisasi ini adalah untuk memperkuat komunikasi dan kerjasama antara inspektorat dan perangkat daerah dalam upaya meningkatkan pengendalian internal serta manajemen risiko.

“Kami ingin memperkuat komitmen bersama dalam pemberantasan korupsi serta mengkomunikasikan risiko-risiko tertinggi yang harus dimitigasi,” kata De Zon.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh beberapa kepala dinas, termasuk Kadis PMP2TSP Rudolf Manalu, Kadis Kominfo Batara Franz Siregar, dan Kadis Sosial Frans Judika Pasaribu, serta peserta lainnya dari berbagai OPD di Kabupaten Humbahas.

Acara ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam upaya pencegahan korupsi di lingkungan Pemkab Humbahas. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru