27 C
Medan
Selasa, September 17, 2024

Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Daerah, Wamenkeu II Dorong Peran Ahli Regional dan Lokal

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – Wakil Menteri Keuangan II Thomas Djiwandono mendorong peningkatan peran ahli regional dan lokal dalam upaya mempercepat pertumbuhan ekonomi di daerah.

Menurutnya, banyak sumber utama pertumbuhan ekonomi serta pemangku kebijakan yang berasal dari daerah, sehingga perhatian khusus terhadap pengembangan ekonomi regional sangat diperlukan.

“Kementerian Keuangan berkomitmen untuk memperkuat ekonomi daerah melalui kolaborasi antara ahli regional dan lokal. Ini penting untuk memperdalam analisis kebijakan di tingkat daerah, termasuk melakukan monitoring rutin perkembangan ekonomi, menganalisis dampak kebijakan pusat terhadap dinamika ekonomi daerah, dan memastikan keselarasan antara kebijakan pusat dan daerah,” kata Thomas pada Seminar Ekonomi yang menjadi bagian dari Regional Chief Economist Forum 2024 di Serang, Banten, Rabu (7/8/2024).

Thomas menambahkan bahwa analisis ekonomi daerah menjadi faktor utama dalam penyusunan kebijakan di tingkat pusat.

“Peran strategis regional chief economist di Kementerian Keuangan adalah mengidentifikasi, menganalisa, dan memberikan masukan terkait dampak kebijakan terhadap perekonomian daerah. Hal ini penting agar kebijakan pusat dapat lebih tepat sasaran dan sesuai dengan kondisi lokal,” jelasnya.

Ia juga mendorong unit-unit vertikal Kementerian Keuangan di seluruh Indonesia untuk berperan aktif dalam mengumpulkan dan mengorkestrasi pemikiran para ahli di daerah, sehingga bisa berkontribusi secara signifikan dalam analisis ekonomi setempat.

“Dengan semakin banyak ahli yang terlibat, kita berharap kebijakan yang dihasilkan akan lebih tepat guna dan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi daerah melalui pemanfaatan potensi lokal, penyusunan kebijakan insentif yang sesuai, dan pengelolaan belanja daerah yang lebih berkualitas,” lanjutnya.

Acara ini juga dihadiri sejumlah pejabat tinggi di Kementerian Keuangan, termasuk Dirjen Perbendaharaan Astera Primanto Bhakti, Dirjen Perimbangan Keuangan Luky Alfirman, serta para pakar ekonomi regional dari berbagai wilayah Indonesia. Kehadiran mereka menunjukkan komitmen kuat pemerintah dalam mendukung pertumbuhan ekonomi daerah yang berkelanjutan.

“Semoga Seminar Ekonomi ini dapat terus memberikan kontribusi nyata dalam mendorong perekonomian daerah, sehingga pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dapat terwujud di masa depan,” tutup Thomas. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru