25 C
Medan
Kamis, September 19, 2024

Pemadaman Listrik di RS Haji Medan, Keluarga Pasien Luapkan Kemarahan

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Sebuah insiden memicu kemarahan puluhan keluarga pasien di Rumah Sakit Umum (RSU) Haji Medan setelah listrik di Ruangan Shafa dan Marwah padam selama lebih dari dua hari. Pemadaman listrik yang terjadi sejak Sabtu pagi (10/8/2024) sekitar pukul 10.00 WIB ini, baru bisa diatasi pada Senin pagi (12/8/2024).

Kejadian ini menyebabkan kondisi ruangan yang panas dan gelap, membuat keluarga pasien merasa frustasi dan marah. Puncak kemarahan terjadi pada Minggu (11/8/2024) sekitar pukul 21.00 WIB.

Setelah berjam-jam tanpa listrik, keluarga pasien yang dirawat di Ruangan Shafa dan Marwah berkumpul dan meluapkan kemarahan mereka. Mereka mendatangi perawat jaga dan mendesak agar pasien segera dipindahkan ke ruangan lain yang listriknya menyala.

“Kami tidak mau mati kepanasan. Tolong pindahkan kami ke ruangan lain yang listriknya hidup,” teriak salah satu keluarga pasien yang kesal tak mau namanya ditulis, Minggu (11/8/2024).

Kondisi ini diperburuk dengan kesehatan beberapa pasien yang semakin memburuk akibat suhu panas dan emosi yang meningkat. Seorang ibu rumah tangga tak mau menyebutkan namanya mendesak agar suaminya yang menderita asam urat dan darah tinggi dipulangkan karena kondisinya semakin parah akibat pemadaman listrik.

“Kondisi suamiku makin parah, darah tingginya makin naik karena emosi dengan listrik padam dari Sabtu pagi sampai Minggu malam. Kami kepanasan di dalam ruangan yang gelap gulita,” ujarnya dengan nada marah.

Pihak RS Haji Medan mencoba meredam situasi dengan memberikan lilin kepada keluarga pasien agar ruangan tidak terlalu gelap. Namun, langkah ini tidak mampu menenangkan situasi. Keributan semakin tak terkendali hingga Kepala Perawatan Ruangan tersebut turun tangan untuk menenangkan keluarga pasien.

Setelah beberapa jam, sekitar pukul 22.00 WIB, para pasien di Ruangan Shafa dan Marwah akhirnya dipindahkan ke ruangan lain yang tidak mengalami pemadaman listrik. Pihak rumah sakit belum memberikan keterangan resmi terkait penyebab pemadaman listrik ini dan langkah-langkah yang akan diambil untuk mencegah kejadian serupa di masa depan.

Menanggapi hal itu, Kabid Pelayanan Medik dan Keperawatan RSU Haji Medan drg Fitrady Ulianda Siregar MKes mengatakan gangguan listrik ini bermula, Sabtu (10/8/2024), di mana aliran listrik di beberapa bagian rumah sakit sempat hidup dan mati beberapa kali. Namun, puncak masalah terjadi pada Minggu (11/8/2024) malam, saat seluruh ruangan Shafa dan Marwah mengalami pemadaman total.

“Memang ada kendala di panel yang baru ditambahkan ini. Saat proses penyambungan, tim dari PLN dan tim rumah sakit menemukan adanya masalah yang tidak terduga,” kata Fitrady kepada wartawan.

Masalah teknis ini muncul saat pemasangan genset baru, yang seharusnya menjadi solusi untuk memastikan seluruh instalasi listrik di rumah sakit tetap beroperasi penuh tanpa kendala. Namun, selama proses penyambungan genset dengan panel baru, tim teknis menghadapi masalah yang tidak terprediksi sebelumnya.

Karena situasi yang tidak kunjung membaik, pihak rumah sakit mengambil tindakan cepat dengan memindahkan seluruh pasien dari ruang Shafa dan Marwah ke ruang VIP, Minggu (11/8/2024) mulai pukul 21.30 WIB.

Langkah ini diambil sebagai bentuk kompensasi dan tanggung jawab pihak rumah sakit terhadap kenyamanan dan keselamatan pasien. “Karena dijanjikan setengah jam lagi listrik akan hidup, namun tidak juga, maka diputuskan untuk memindahkan pasien ke ruang VIP,” tambahnya.

Pihak rumah sakit berjanji akan terus memantau dan mengatasi masalah ini agar tidak terjadi lagi gangguan serupa di masa mendatang, serta memastikan pelayanan kesehatan tetap berjalan dengan baik. (P3)

Berita Lainnya

Berita Terbaru