27 C
Medan
Selasa, September 17, 2024

Manager PLN ULP Teluk Sampaikan Pentingnya Perampalan Pohon ke Masyarakat

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Teluk Dalam (buseronline.com) – PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Nias terus berkomitmen menjaga keandalan pasokan listrik bagi pelanggan di Kepulauan Nias, Provinsi Sumut.

Sebagai bagian dari upaya tersebut, PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Teluk Dalam mengambil langkah sosialisasi pentingnya perampalan pohon kepada masyarakat Desa Sifitu Banua, Kecamatan Somambawa, Nias, Provinsi Sumut untuk keandalan pasokan listrik, Senin (12/8/2024).

Mukhlis Suhada, Manager PLN ULP Teluk Dalam, memimpin langsung sosialisasi tersebut, menyusul protes masyarakat yang tidak memperbolehkan untuk dilakukan pemotongan.

Sosialisasi ini melibatkan berbagai pihak, termasuk Camat Somambawa, Kapolsek Lahusa, Kepala Desa Somambawa, Kepala Desa Sifitu Banua, serta masyarakat setempat, dalam upaya mencapai kesepakatan bersama.

Dalam pertemuan tersebut, Mukhlis menjelaskan pentingnya menjaga jarak aman antara jaringan listrik yaitu minimal 3 meter di sisi kiri dan kanan jaringan, serta tidak ada pohon di bawah Jaringan Tegangan Menengah (TM).

Dengan pemotongan ini, PLN ULP Teluk Dalam optimis keandalan pasokan listrik di wilayah tersebut akan meningkat serta membawa manfaat positif bagi masyarakat.

Bersama masyarakat PLN ULP Teluk Dalam secara bergotong royong melakukan penebangan tanaman yang berpotensi mengganggu jaringan listrik. Dalam kegiatan ini, sebanyak 36 batang pohon pinang, 14 batang pohon pisang, dan 18 batang tanaman liar berhasil ditebang.

Di tempat terpisah, Revi Aldrian, Manager PLN UP3 Nias, menyampaikan apresiasi atas langkah preventif yang diambil oleh PLN ULP Teluk Dalam untuk melibatkan masyarakat dalam menjaga keandalan pasokan listrik.

“Kami sangat menghargai upaya PLN ULP Teluk Dalam dalam menggandeng masyarakat untuk lebih sadar dan peduli terhadap pentingnya menjaga keandalan listrik di daerah Teluk Dalam dan sekitarnya,” ungkap Revi.

General Manager PLN UID Sumut Saleh Siswanto turut memberikan tanggapannya mengenai pentingnya sosialisasi tersebut dalam menjaga pasokan listrik yang andal di Kepulauan Nias.

“Kami berterima kasih atas kerjasama masyarakat dalam proses mediasi ini. Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya di Kepulauan Nias, untuk mengizinkan PLN melakukan perampalan pohon demi menjaga keandalan listrik. Dengan tindakan ini, kita dapat meminimalisir potensi pemadaman yang disebabkan oleh pohon yang menyentuh jaringan listrik,” ujar Saleh.

PLN ULP Teluk Dalam mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam mediasi dan gotong royong ini.

Diharapkan, dengan dukungan masyarakat, keandalan pasokan listrik khususnya di Kecamatan Somambawa semakin meningkat, serta secara umum di Kabupaten Nias Selatan.

Langkah ini juga menunjukkan komitmen PLN dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan menjaga kepercayaan terhadap sistem kelistrikan yang aman dan andal. (P2)

Berita Lainnya

Berita Terbaru