25 C
Medan
Kamis, September 19, 2024

PDIP Serahkan Surat Tugas kepada 15 Calon Kepala Daerah di Sumut, Berikut Nama-namanya

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP telah mengeluarkan surat tugas kepada Edy Rahmayadi sebagai calon Gubernur Sumut dan 14 calon kepala daerah di Provinsi Sumut, Rabu. Surat tugas ini dianggap sebagai bentuk rekomendasi, meskipun secara resmi belum diterbitkan surat rekomendasi dari partai.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPD PDIP Sumut Mangapul Purba menjelaskan bahwa surat tugas tersebut mengisyaratkan dukungan penuh PDIP kepada Edy Rahmayadi, dan hanya akan dicabut jika Edy tidak mampu melaksanakan tugas yang diberikan.

“Di PDIP, jika sudah mendapatkan surat tugas, itu sudah dianggap sebagai rekomendasi. Kecuali yang bersangkutan tidak mampu melaksanakan tugas tersebut, baru akan diganti,” kata Mangapul kepada wartawan.

Selain gubernur, DPP PDIP juga telah memberikan rekomendasi untuk 14 kabupaten/kota di Sumut, sementara untuk posisi wakil gubernur, proses penjajakan masih terus berlangsung. Menurut Mangapul, PDIP dan Edy Rahmayadi akan bekerja sama dalam menentukan sosok wakil gubernur yang diharapkan mampu bekerjasama dengan baik dan sejalan dengan visi serta misi PDIP.

“Kita harapkan sosok wakil gubernur yang bisa bekerjasama dengan calon gubernur penerus, memiliki sudut pandang yang sejalan dengan PDIP, serta mampu menerjemahkan pokok-pokok pikiran rakyat/partai,” tambahnya.

Meskipun demikian, Mangapul menyatakan bahwa hingga saat ini belum ada komunikasi politik yang konkret terkait calon wakil gubernur. “Belum ada yang kami putuskan atau kami jalin komunikasi politik. Namun, kita cenderung akan berkordinasi dengan Edy Rahmayadi untuk mencari sosok yang tepat bersama-sama,” jelasnya.

Mangapul juga menegaskan bahwa selain PDIP, Partai Hanura juga dilibatkan dalam proses ini. “Untuk sementara informasi yang kami terima, PDIP dan Hanura adalah partai yang mendukung Edy Rahmayadi. Partisipasi Hanura dalam penentuan calon wakil gubernur juga akan dilibatkan,” tutup Mangapul.

Proses penjajakan untuk mencari calon wakil gubernur diperkirakan akan selesai dalam dua minggu ke depan, dengan harapan menghasilkan pasangan yang solid dan sejalan dengan visi partai.

Berikut daftar calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah yang diusung oleh DPP PDIP untuk kabupaten dan kota pada Pilkada serentak di Sumut:

1. Calon Gubernur Sumut Edy Rahmayadi

2. Calon Bupati Kabupaten Tapanuli Selatan, Gus Irawan Pasaribu.

3. Calon Bupati dan Wakil Bupati Simalungun, Radiapoh H Sinaga-Herry Candra.

4. Calon Bupati Padanglawas Utara, Hariro Harahap.

5. Calon Bupati Nias Barat Eliyunus Waruwu.

6. Calon Wali Kota Medan Rida Dharmajaya.

7. Calon Bupati Deliserdang, Asri Ludin Tambunan.

8. Calon Wali Kota Tanjungbalai Eka Hadi Sucipto.

9. Calon Wali Kota Padangsidimpuan Hapendi Harahap.

10. Calon Bupati Tapanuli Utara Satika Simamora.

11. Calon Bupati Nias Ya’atulo Gulo.

12. Calon Bupati Nias Utara Fonaha Zega.

13. Calon Bupati Nias Selatan Sakhi Atulo Laia.

14. Calon Wali Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli.

15. Calon Bupati Sergai Darma Wijaya. (P3)

Berita Lainnya

Berita Terbaru