25 C
Medan
Kamis, September 19, 2024

Polda Sumut Simulasi Sispamkota Jelang Pilkada 2024

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Dalam rangka persiapan menghadapi Pilkada serentak 2024, Polda Sumut menggelar simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) di Lapangan Parkir Polda Sumut.

Kegiatan ini menjadi bagian dari upaya intensif aparat keamanan untuk menjaga kelancaran dan keamanan selama tahapan pemilu di provinsi ini.

Simulasi tersebut dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Ketua KPU, Ketua Bawaslu, serta unsur TNI.

Kapolda Sumut, Irjen Pol Whisnu Hermawan Februanto SIK MH menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengantisipasi berbagai potensi gangguan yang mungkin timbul selama proses pemilu, mulai dari unjuk rasa damai hingga situasi anarkis.

“Simulasi ini melibatkan personel gabungan dari Polda Sumut yang bertugas sebagai Dalmas awal, Dalmas lanjut, Negosiator, dan Pengendalian Massa (PHH) dari Satuan Brimob. Kami melatih mereka untuk siap menghadapi potensi gangguan selama tahapan pemilu,” ujar Irjen Whisnu.

Kapolda Sumut mengungkapkan bahwa skenario simulasi ini mencakup berbagai tahapan pemilu, mulai dari pendistribusian logistik, masa kampanye, pemungutan suara, hingga penetapan pemenang.

Semua potensi kerawanan telah dipetakan dengan cermat, dan titik-titik rawan menjadi fokus utama dalam pengamanan.

“Kami ingin memastikan bahwa setiap anggota siap dan sigap menangani setiap situasi yang mungkin terjadi selama tahapan Pemilu 2024,” tegas Irjen Whisnu.

Simulasi ini diharapkan dapat menjadi langkah krusial dalam memastikan keamanan dan kelancaran pelaksanaan Pilkada 2024 di Sumut, dengan harapan agar seluruh personel Polda Sumut semakin tanggap dan memahami tugas masing-masing. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru