25 C
Medan
Sabtu, September 21, 2024

RS Adam Malik dan Tim Arab Saudi Selesaikan 35 Operasi Jantung

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Rumah Sakit (RS) Adam Malik bersama tim dokter dari King Salman Humanitarian Aid and Relief Center (KSRelief) dari Arab Saudi telah berhasil menyelesaikan 35 operasi jantung dalam program tahap ketiga, yang berlangsung dari 6 hingga 13 Agustus 2024. Program ini dilaksanakan di Pusat Jantung Terpadu (PJT) RS Adam Malik.

Direktur Medik dan Keperawatan RS Adam Malik dr Otman Siregar menjelaskan bahwa program tahap ketiga ini fokus pada operasi jantung untuk pasien dewasa.

Tindakan bedah yang dilakukan meliputi perbaikan katup mitral, penggantian dua katup jantung, dan operasi bypass jantung, serta prosedur kateterisasi seperti percutaneous coronary intervention dan balloon mitral valvuloplasty.

“Program ini tidak hanya memberikan manfaat langsung kepada pasien tetapi juga meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di rumah sakit melalui transfer teknologi dan pengetahuan,” ujar dr Otman.

Program ini memungkinkan RS Adam Malik menangani banyak kasus yang sebelumnya harus dirujuk ke RS Harapan Kita di Jakarta. Dukungan dari KSRelief meliputi tim dokter ahli dan bahan medis habis pakai yang diperlukan.

Wakil Menteri Kesehatan RI Prof dr Dante Saksono Harbuwono dan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Faisal Abdullah H Amodi, turut memberikan apresiasi dalam telekonferensi dari Jakarta. Mereka berharap kerja sama ini dapat terus berlanjut di masa depan.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan RI Ir Budi Gunadi Sadikin dan Dubes Arab Saudi juga berkunjung pada tahap kedua program ini, yang dilakukan pada Juni 2024, dengan fokus pada operasi jantung untuk 25 pasien anak dengan kasus jantung bawaan berat.

Program tahap pertama pada Mei 2024 telah melibatkan 10 pasien bedah jantung dewasa dan 31 pasien non-bedah kateterisasi jantung. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru