27 C
Medan
Selasa, September 17, 2024

Jokowi Pimpin Upacara Proklamasi ke-79 di IKN

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Kaltim (buseronline.com) – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memimpin Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di Lapangan Upacara Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Sabtu (17/8/2024).

Upacara yang berlangsung khidmat ini menandai perayaan kemerdekaan Indonesia yang pertama kali diselenggarakan di ibu kota baru, IKN Nusantara. Sementara itu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin memimpin upacara serupa di Istana Merdeka, Jakarta.

Prosesi upacara dimulai dengan kirab duplikat bendera pusaka Sang Merah Putih dan Naskah Teks Proklamasi dari ruang penyimpanan di Istana Negara IKN menuju meja dan mimbar kehormatan. Tugas penting ini dilakukan oleh Purna Paskibraka Duta Pancasila 2023, dengan Kolonel Infanteri Nur Wahyudi dari Komando Pasukan Khusus (Kopassus) bertindak sebagai komandan upacara.

Setelah tembakan meriam sebanyak 17 kali dan sirine selama satu menit, Ketua DPR RI Puan Maharani, membacakan Naskah Proklamasi. Presiden Jokowi kemudian memimpin penghormatan untuk mengheningkan cipta, yang diikuti oleh seluruh peserta upacara, untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang bangsa, termasuk Bapak Pendiri Bangsa, Bung Karno dan Bung Hatta.

Menteri Agama Yaqud Cholil Qoumas memimpin doa yang diikuti dengan pengibaran bendera Sang Merah Putih oleh Tim Paskibraka Nusantara Baru, bagian dari 76 anggota Paskibraka 2024.

Upacara ini juga dimeriahkan dengan pertunjukan kesenian di Lapangan Upacara Istana Negara IKN dan Halaman Depan Istana Merdeka Jakarta. Sejumlah pejabat tinggi negara turut hadir dalam upacara ini, termasuk Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wury Ma’ruf Amin, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno, beserta para Menteri Kabinet Indonesia Maju dan tamu undangan lainnya.

Upacara ini menjadi momen bersejarah yang tidak hanya merayakan kemerdekaan Indonesia, tetapi juga menandai pentingnya Ibu Kota Nusantara sebagai pusat pemerintahan yang baru. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru