27 C
Medan
Selasa, September 17, 2024

Pemko Medan Gratiskan Trans Metro Deli

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Mulai Senin, 19 Agustus 2024, seluruh pelayanan Bus Trans Metro Deli di Kota Medan akan digratiskan bagi masyarakat umum.

Keputusan ini diambil setelah pengelolaan bus tersebut secara resmi diambil alih oleh Pemerintah Kota (Pemko) Medan, menyusul berakhirnya kontrak dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada hari sebelumnya.

Kepala Dinas Perhubungan Medan Iswar Lubis SSiT MT menjelaskan bahwa langkah ini diambil sebagai bentuk kepedulian Wali Kota Medan terhadap masyarakat.

“Mulai Senin nanti, semua layanan Bus Trans Metro Deli akan gratis. Masyarakat tidak perlu lagi membayar ongkos,” ujar Iswar.

Iswar menegaskan bahwa pengelolaan Trans Metro Deli tidak akan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Sebaliknya, operasional bus ini akan didukung melalui kolaborasi dengan berbagai pihak.

“Tidak ada penggunaan APBD dalam pengelolaan ini. Waktu operasional gratis ini belum ditentukan, namun yang pasti, seluruh layanannya tidak dikenakan biaya,” tambahnya.

Iswar mengucapkan terima kasih kepada Kemenhub atas dukungan selama hampir empat tahun terakhir dalam memperkenalkan layanan transportasi massal di Kota Medan.

Meski demikian, dengan berakhirnya kontrak, pelayanan bus sempat dihentikan untuk sementara waktu guna melakukan servis pada armada.

“Saat ini, armada kami tarik untuk dilakukan servis terlebih dahulu, sehingga pelayanan kosong sementara. Namun, mulai Senin, Trans Metro Deli akan kembali beroperasi seperti biasa,” pungkas Iswar. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru