25 C
Medan
Kamis, September 19, 2024

Pertamina Sumbagut Pastikan Distribusi Tepat Subsidi Pertalite di Sumut

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut menggelar Koordinasi Program Subsidi Tepat Jenis Bahan Bakar Khusus Penugasan (JBKP) Pertalite bersama seluruh Pemerintah Daerah (Pemda) kabupaten/kota se Provinsi Sumut.

Kegiatan yang berlangsung di Medan ini bertujuan untuk memastikan distribusi BBM subsidi Pertalite tepat sasaran.

Dalam acara tersebut, Area Manager Communication Relation & CSR Sumbagut PT Pertamina Patra Niaga Susanto August Satria menyatakan bahwa langkah ini merupakan bagian dari dukungan terhadap program pemerintah untuk menyalurkan JBKP Pertalite secara efisien dan tepat sasaran.

“Koordinasi ini penting untuk memastikan penggunaan BBM subsidi lebih tepat sasaran melalui penerapan QR Code untuk produk JBKP Pertalite,” ujar Tiara Thesaufi, Manager Retail Sales PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut.

Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan dari 33 pemerintah kabupaten/kota di Sumut, serta berbagai instansi terkait seperti Polres, Polresta, Polrestabes, Hiswana Migas DPC Sumut, dan Koperasi Pengangkutan Umum Medan (KPUM).

Tiara juga mengimbau masyarakat untuk segera mendaftarkan kendaraan yang menggunakan Pertalite melalui situs subsiditepat.mypertamina.id atau aplikasi MyPertamina.

“Proses pendaftaran ini penting untuk memastikan bahwa subsidi BBM Pertalite disalurkan kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan,” tambahnya.

Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekdaprovsu Ir HM A Effendy Pohan menegaskan pentingnya program ini dalam mengawasi penyaluran JBKP Pertalite.

“Program ini diharapkan dapat memantau, memastikan tepat volume, dan mengatasi penyalahgunaan BBM subsidi oleh pihak-pihak yang tidak berhak,” katanya.

Pada acara tersebut juga digelar Focus Group Discussion (FGD) yang menghadirkan narasumber seperti Pengamat Ekonomi Sumut, Gunawan Benjamin, dan Sales Area Manager Retail Medan Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Gusti Anggara Permana.

Diskusi ini membahas secara teknis pelaksanaan program, termasuk cara pendaftaran, pencocokan data, dan penggunaan QR Code.

Gunawan Benjamin dalam FGD tersebut menggarisbawahi pentingnya penyaluran subsidi BBM secara tepat sasaran agar penghematan yang dihasilkan dapat dialokasikan untuk mendukung masyarakat menengah ke bawah.

Di akhir acara, PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut memberikan apresiasi kepada empat kabupaten di Sumut yaitu Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu Selatan, dan Padang Lawas Utara yang telah mendukung uji coba penuh QR Subsidi Tepat JBKP Pertalite sejak 2023.

Dengan adanya Program Subsidi Tepat, diharapkan distribusi BBM bersubsidi menjadi lebih efisien dan mendukung pertumbuhan ekonomi di Sumut. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru