24 C
Medan
Jumat, September 13, 2024

HUT ke-79 RI, Pj Bupati Taput: IKN Tunjukkan Indonesia Mampu Bangun Ibu Kota dengan Semangat Baru

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tarutung (buseronline.com) – Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) menunjukkan bahwa Indonesia sanggup membangun sebuah ibu kota yang megah lewat semangat baru.

Pj Bupati Tapanuli Utara (Taput) Dr Dimposma Sihombing SSos MAP yang bertindak sebagai Inspektur Upacara menyampaikan hal tersebut dalam bagian sambutannya sesaat pada peringatan HUT ke-79 RI, di Lapangan Serbaguna Tarutung, Sabtu (17/8/2024).

Upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di mulai pada pukul 10.00 WIB yang ditandai dengan bunyi sirine.

Prosesi peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI diawali dengan penghormatan kepada Inspektur Upacara oleh Komandan Upacara yang diikuti seluruh peserta upacara.

Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan teks proklamasi oleh Wakil Ketua DPRD Taput Reguel Simanjuntak. Selanjutnya dilaksanakan pengibaran bendera merah putih oleh Paskibraka Kabupaten Taput.

Pengibaran bendera berlangsung aman dan lancar sampai berakhirnya lagu kebangsaan Indonesia Raya

Pj Bupati Taput Dimposma Sihombing menilai peringatan HUT Kemerdekaan RI merupakan waktu yang tepat untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah bersusah payah dalam memperjuangkan dan mempertahankan NKRI.

Dimposma menyampaikan ucapan selamat ulang tahun RI ke-79 tahun 2024 kepada seluruh peserta yang hadir khususnya kepada masyarakat Taput.

“Kami atas nama pemerintah daerah mengucapkan selamat ulang tahun RI yang ke-79 tahun dan terima kasih juga kami ucapkan kepada seluruh peserta yang hadir baik dari Forkopimda, TNI, Polri dan juga masyarakat Taput,” ujarnya.

Thema Nasional HUT ke 79 Kemerdekaan RI tahun 2024 ini adalah “Nusantara Baru Indonesia Maju” yang terinspirasi dari keindahan alam dan keragaman Indonesia sebagai negara kepulauan.

Thema ini menggambarkan semangat baru yang berfokus pada tujuh konsep yaitu negara kepulauan, lambang negara, pertumbuhan ekonomi, keberlanjutan, ekonomi hijau, persatuan dan harapan, serta kesetaraan.

“Dan saat ini kita patut bangga atas karya anak bangsa dalam membangun Ibu Kota Nusantara (IKN) yang berarti bahwa melalui pembangunan IKN, Indonesia menunjukkan kepada dunia bahwa bangsa ini memiliki kemampuan membangun Ibu Kota Negara dengan semangat baru berlandaskan persatuan, kesetaraan, serta penghormatan terhadap alam dan budaya Indonesia yang beraneka ragam”, tambah Dimposma.

“Untuk itu harapan saya agar momentum HUT Peringatan Kemerdekaan RI tahun 2024 ini, seluruh elemen masyarakat dengan semangat baru terus berjuang memberikan kontribusi nyata untuk Indonesia yang maju dan Kabupaten Taput dengan melakukan perbuatan dan menciptakan ide-ide kreatif, serta memupuk tali persaudaraan demi kemajuan Pembangunan dan sekaligus mendukung program kerja Pemerintah Kabupaten Taput,” tambahnya. (BIN)

Berita Lainnya

Berita Terbaru