25 C
Medan
Kamis, September 19, 2024

21 Agustus Ditetapkan Sebagai Hari Juang Polri

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Polri akan merayakan Hari Juang Polri pada 21 Agustus 2024 mendatang. Keputusan ini diambil berdasarkan Keputusan Kapolri Nomor 95/1/2024 yang disahkan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo pada 22 Januari 2024.

Seperti dilansir dari Humas Polri, Hari Juang Polri dipilih untuk mengenang peristiwa bersejarah yang terjadi pada 21 Agustus 1945, ketika sekitar 250 anggota Kesatuan Polisi Istimewa berkumpul di markas mereka di Surabaya untuk memproklamasikan terbentuknya Polisi Republik Indonesia.

Dipimpin oleh Inspektur Polisi Kelas 1 Moehammad Jasin, proklamasi ini menjadi momen penting yang menandai polisi Indonesia sebagai institusi yang bebas dari pengaruh penjajah dan mendukung penuh kemerdekaan bangsa.

“Pada 21 Agustus 2024, untuk pertama kalinya, Polri akan memperingati Hari Juang Polri. Tanggal ini dipilih karena pada 21 Agustus 1945 terjadi peristiwa Proklamasi Polisi Republik Indonesia, yang merupakan tonggak awal perjalanan sejarah Polri,” ujar Jenderal Listyo Sigit.

Menurutnya, peristiwa ini merupakan titik balik penting dalam sejarah Polri. Sebelumnya, Polisi Istimewa yang dibentuk oleh Jepang pada tahun 1944, berfungsi untuk mengamankan kepentingan penjajah. Namun, pada 21 Agustus 1945, melalui proklamasi tersebut, polisi Indonesia mulai berfungsi sebagai pelindung dan pengayom bagi bangsa dan rakyat Indonesia.

“Hari Juang Polri akan menjadi simbol tekad dan semangat polisi Indonesia untuk bertindak atas nama bangsa dan negara. Ini adalah momen bersejarah di mana polisi Indonesia menjadi tuan di negerinya sendiri,” tambahnya.

Perayaan ini juga menandai metamorfosis Polri dari Polisi Istimewa menjadi salah satu institusi penting yang melindungi kemerdekaan dan keamanan bangsa Indonesia. Hari Juang Polri akan diperingati setiap tahun untuk menghormati dedikasi dan perjuangan polisi Indonesia dalam menjaga kedaulatan dan keamanan negara. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru