24 C
Medan
Rabu, September 18, 2024

Dekranasda Sumut Dorong Perajin Lokal Berlaga di Asta Kriya Nusantara 2024

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Pj Ketua Dekranasda Sumut Tyas Fatoni memberikan dukungan penuh kepada perajin anyaman asal Kabupaten Sergai Eva Harlia yang akan mewakili Sumut dalam ajang Asta Kriya Nusantara 2024. Dukungan ini disampaikan Tyas saat menerima audiensi dari Eva di Rumah Dinas Gubernur Sumut, Medan.

Dalam pertemuan tersebut, Tyas menegaskan pentingnya mendukung dan memberdayakan para perajin di Sumut agar mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional. “Kita akan terus dukung perajin-perajin kita, kita berdayakan semua, sehingga bisa meningkatkan daya saing di nasional hingga internasional,” ujar Tyas.

Tyas juga menekankan upaya Dekranasda Sumut dalam meningkatkan daya saing para perajin melalui pelatihan peningkatan kualitas kerajinan dan pelatihan promosi produk. Menurutnya, hal ini penting untuk mengangkat potensi besar yang dimiliki kerajinan Sumut.

Selain itu, Tyas berharap agar motif dan corak khas Sumut dapat didaftarkan sebagai Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) untuk melindungi keaslian dan keunikan motif tersebut. Ia juga mendorong para perajin untuk terus berinovasi, salah satunya dengan menggunakan pewarna alami yang ramah lingkungan.

Eva Harlia sendiri berhasil masuk ke babak 10 besar Asta Kriya Nusantara 2024 dengan karyanya berupa anyaman hantaran makanan bertema “Gunung Berangkat.”

Motif ini telah dikenal Eva sejak kecil dari para perajin pendahulunya. “Orang tua kami mungkin dilihatnya (motif) itu runcing jadi dinamakan gunung, jadi masa nenek-nenek kami, kami diajarkan motif itu ke anyaman,” jelas Eva.

Turut hadir dalam audiensi tersebut Wakil Ketua Harian Dekranasda Sumut, Dian Arief Trinugroho, dan Sekretaris Dekranasda Sumut, Hasnah Lely Siregar. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru