25 C
Medan
Kamis, September 19, 2024

Forda Sumut: PON 2024 Peluang Emas Bagi UKM Lokal

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – PON ke XXI Aceh-Sumut 2024 menjadi momen penting bagi Sumut untuk mempromosikan produk unggulan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) lokal.

Forum Daerah (Forda) UKM Sumut mendorong agar ajang olahraga nasional ini dimanfaatkan secara maksimal untuk mendongkrak penjualan dan memperkenalkan produk UKM kepada khalayak luas.

Ketua Forda UKM Sumut Sri Wahyuni Nukman mengapresiasi penunjukan Sumut sebagai tuan rumah bersama Aceh dalam perhelatan PON XXI.

Ia melihat adanya potensi besar bagi UKM lokal untuk memanfaatkan kehadiran ribuan peserta, ofisial, dan pengunjung dari berbagai daerah selama pelaksanaan PON.

“Kita berharap dengan momen PON 2024 ini, banyak tamu yang akan datang ke Sumut. Dengan pelaksanaan yang melibatkan lebih dari 6.000 orang peserta dan dukungan dari ribuan ofisial, ini adalah peluang besar bagi UKM untuk mempromosikan produk unggulannya,” ujar Sri Wahyuni.

Sementara, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumut Dr Naslindo Sirait menyampaikan bahwa Pemprov Sumut telah melakukan proses kurasi terhadap 300 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang akan berpartisipasi dalam PON XXI.

Proses kurasi ini menggunakan berbagai parameter, seperti sertifikasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan sertifikat halal untuk produk makanan, serta penilaian terhadap tampilan, kemasan, rasa, dan harga produk.

“Skema stan UMKM nantinya akan dibuat di setiap arena pertandingan. Selain itu, akan dibuat di Lapangan Benteng, Medan untuk memeriahkan ajang multicabang tersebut. Kami juga mendorong pemerintah daerah agar membuat acara tambahan untuk meningkatkan perekonomian,” katanya.

Dengan adanya PON XXI Aceh-Sumut 2024, diharapkan produk unggulan UKM Sumut dapat semakin dikenal dan diminati, baik oleh pengunjung lokal maupun dari luar daerah.

Ajang olahraga nasional ini bukan hanya sekadar perhelatan olahraga, tetapi juga menjadi kesempatan emas bagi UKM lokal untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah melalui promosi produk unggulan mereka. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru