25 C
Medan
Kamis, September 19, 2024

Pemerintah Alokasikan Rp75,63 T untuk Dukung Visi Indonesia Emas 2045

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – Dalam rangka mendukung Visi Indonesia Emas 2045, Pemerintah Indonesia telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp75,63 triliun untuk tahun anggaran (TA) 2025.

Dilansir dari Kemenkeu RI, lokasi anggaran ini ditujukan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan akan difokuskan pada berbagai sektor strategis sesuai arahan Presiden dan Wakil Presiden terpilih.

Dana sebesar itu akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur penting, termasuk sektor ketahanan pangan, energi, dan sumber daya air.

Rencana ini mencakup pembangunan bendungan dan irigasi yang akan mencakup area seluas 17 ribu hektare, serta pengendalian banjir di desa dan perkotaan.

Selain itu, pemerintah akan membangun jalan nasional yang menghubungkan Aceh hingga Papua sepanjang 128,1 km, serta jalan bebas hambatan sepanjang 4,83 km untuk meningkatkan konektivitas.

Upaya peningkatan kualitas hidup di pedesaan juga menjadi prioritas, dengan perluasan program Penyediaan Air Minum Berbasis Masyarakat (Pamsimas) dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas). Pembangunan akan dilakukan di kawasan permukiman, gedung sekolah, dan madrasah.

Untuk sektor perumahan, anggaran sebesar Rp4,53 triliun akan digunakan untuk melanjutkan pembangunan hunian vertikal dan memenuhi target pembangunan rumah susun bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Pemerintah memastikan bahwa semua rencana ini akan dilaksanakan tidak hanya di perkotaan tetapi juga di pedesaan, sejalan dengan visi pemerintah untuk mencapai Indonesia Emas 2045. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru