27 C
Medan
Selasa, September 17, 2024

Presiden Jokowi Terima Penghargaan Tertinggi dari Palestina

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menerima penghargaan tertinggi dari Pemerintah Palestina, “Grand Collar Order of the State of Palestine”, dalam sebuah upacara di Istana Merdeka, Jakarta. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Utusan Khusus Presiden Palestina, Riyad Al Maliki.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan bahwa penghargaan ini diberikan sebagai bentuk pengakuan atas dukungan konsisten Indonesia terhadap perjuangan rakyat Palestina untuk meraih kemerdekaan.

“Utusan Khusus menyampaikan penghargaan yang sangat tinggi dari Presiden Mahmoud Abbas kepada Presiden Republik Indonesia atas posisi Indonesia yang konsisten untuk mendukung perjuangan bangsa Palestina,” ujar Retno.

Selain memberikan penghargaan, Presiden Palestina Mahmoud Abbas, melalui utusannya, juga menyampaikan ucapan selamat kepada Presiden Jokowi dan seluruh rakyat Indonesia atas peringatan Hari Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia.

Abbas mengapresiasi peran penting Indonesia dalam mendukung rakyat Palestina, termasuk melalui advokasi untuk gencatan senjata, bantuan kemanusiaan, serta solusi dua negara.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi kembali menegaskan posisi Indonesia yang akan terus mendukung perjuangan bangsa Palestina.

“Bapak Presiden (Jokowi) menyampaikan kejelasan mengenai posisi Indonesia yang konsisten untuk terus mendukung perjuangan bangsa Palestina. Indonesia juga akan terus menyuarakan gencatan senjata, bantuan kemanusiaan yang tanpa terkendala, dan tentunya solusi dua negara,” jelas Retno Marsudi.

Presiden Jokowi juga menegaskan komitmen Indonesia dalam memperjuangkan pengakuan internasional dan keanggotaan penuh Palestina di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

“Indonesia juga akan terus melakukan pendekatan kepada negara-negara anggota PBB agar mengakui Palestina dan mendukung keanggotaan penuh Palestina di PBB,” tambah Retno.

Penyerahan penghargaan ini mencerminkan hubungan diplomatik yang kuat antara Indonesia dan Palestina serta komitmen Indonesia dalam mendukung hak-hak Palestina di panggung internasional.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut adalah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Sementara itu, Utusan Khusus Presiden Palestina Riyad Al Maliki didampingi oleh Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair al-Shun. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru