25 C
Medan
Kamis, September 19, 2024

Wushu Sumbang Emas Terbanyak, Pj Gubernur Sumut dan Wakapolri Hadiri Kejuaraan Indonesia Wushu Sanda Masters 2024

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni menghadiri Kejuaraan Indonesia Wushu Sanda Masters 2024 yang digelar di GOR Futsal Dispora Sumut, Jalan Pancing, Medan, Selasa (20/8/2024). Kejuaraan ini merupakan bagian dari rangkaian acara Road to PON XXI Aceh-Sumut 2024 yang akan diselenggarakan pada September mendatang.

Fatoni menyoroti pentingnya cabang olahraga Wushu bagi Provinsi Sumut. Menurutnya, selama 20 tahun terakhir, Wushu telah menjadi penyumbang medali emas terbanyak bagi Sumut dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON).

Hal ini menjadi bukti dari pengelolaan yang maksimal oleh Pengprov Wushu Sumut, yang terus berhasil menemukan dan mengembangkan atlet-atlet unggulan di cabang olahraga tersebut.

“Selama 20 tahun terakhir, Wushu menjadi penyumbang emas terbesar di PON. Sangat penting untuk menjaga kualitas dan terus mencari bibit baru, dan ini telah dilakukan oleh Pengprov Wushu dengan sangat baik,” ujar Fatoni.

Sebagai tuan rumah PON XXI, Fatoni berharap Sumut dapat meningkatkan perolehan medalinya. Ia menargetkan medali perak yang diperoleh pada PON sebelumnya dapat ditingkatkan menjadi emas, sehingga total perolehan emas Sumut dari cabang Wushu bisa mencapai 10 medali.

Acara ini juga dihadiri Wakapolri Komjen Pol Agus Andrianto yang menyampaikan bahwa setiap pemerintah provinsi harus siap dalam menyiapkan dan meregenerasi atlet-atletnya. Ia berharap keberhasilan Wushu dapat menjadi inspirasi bagi cabang olahraga lain di Indonesia.

“Yang terpenting adalah bagaimana kita menyiapkan atlet kita menghadapi PON, kemudian melahirkan atlet nasional dan juga yang berprestasi di level internasional. Kami berharap keberhasilan ini bisa menular ke cabang olahraga lainnya,” kata Wakapolri.

Kejuaraan ini diikuti oleh 32 atlet dari berbagai provinsi di Indonesia, termasuk DKI Jakarta, Aceh, Jawa Tengah, Jawa Barat, Kalimantan Timur, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, dan Sumut. Sumut sendiri mengirimkan 18 atlet untuk berkompetisi.

Hadir dalam pembukaan acara ini antara lain Kapolda Sumut Irjen Pol Whisnu Hermawan Februanto, Wakil Ketua Umum PB Wushu Indonesia Iwan Kwok, Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis, serta Forkopimda Sumut dan pejabat dari Mabes Polri dan OPD terkait Pemprov Sumut. (T1)

Berita Lainnya

Berita Terbaru