25 C
Medan
Kamis, September 19, 2024

Bupati Sergai Buka Festival Seni Qasidah XXI

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Seirampah (buseronline.com) – Bupati Sergai H Darma Wijaya secara resmi membuka Festival Seni Qasidah (FSQ) XXI Tahun 2024 di Alun-alun Sergai. Darma menggarisbawahi bahwa FSQ bukan hanya kompetisi seni, melainkan juga merupakan bentuk ibadah dan syiar Islam yang penting untuk dihayati oleh peserta dan masyarakat.

Darma Wijaya menekankan bahwa festival ini bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan kepada Allah SWT dan mengembangkan generasi yang religius dan berprestasi.

Ia berharap acara ini akan melahirkan generasi Islami yang unggul, serta menemukan bibit-bibit berkualitas yang akan menjadi duta Kabupaten Sergai di tingkat provinsi maupun nasional.

“Saya sangat bangga atas prestasi Sergai yang telah empat kali berturut-turut meraih juara umum di tingkat Provinsi Sumut. Tahun lalu kita hanya berada di posisi kedua setelah bersaing ketat dengan Tanjungbalai. Semoga tahun ini kita dapat kembali meraih prestasi tersebut,” ujarnya.

Bupati yang akrab disapa Bang Wiwik ini menyampaikan harapannya agar Alun-alun Sergai dapat berkembang menjadi pusat kegiatan bagi masyarakat, mirip dengan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang menjadi lokasi upacara peringatan HUT ke-79 RI.

Ia berharap tempat ini bisa menjadi pusat olahraga dan kegiatan lainnya. Dalam kesempatan tersebut, Darma juga menegaskan kepada peserta festival agar memberikan penampilan terbaik mereka.

“Keikutsertaan dalam event ini bukan semata-mata untuk menjadi juara, tetapi yang terpenting adalah memperkuat syiar Islam dan mengamalkan nilai-nilai universal dalam kehidupan sehari-hari,” tegasnya.

Ketua Panitia Pelaksana FSQ XXI, Rahmat Suhendra Damanik melaporkan bahwa festival ini bertujuan untuk memasyarakatkan seni Qasidah di tengah masyarakat serta mengembangkan seni budaya Islami untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. FSQ XXI berlangsung mulai 20 hingga 22 Agustus 2024 dan diikuti oleh peserta dari 17 kecamatan se-Kabupaten Sergai.

Acara ini juga dihadiri oleh Ketua TP PKK Sergai Ny Hj Rosmaida Saragih Darma Wijaya, perwakilan Forkopimda Sergai, Ketua MUI Sergai H Haspul Huznain, serta berbagai tokoh agama dan masyarakat. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru