25 C
Medan
Kamis, September 19, 2024

PON XXI: Dinas Kesehatan Sumut Jalin Kerja Sama dengan 61 RS

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Dinas Kesehatan Provinsi Sumut sudah melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan 61 rumah sakit untuk mendukung Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang akan diselenggarakan di wilayah Provinsi Sumut.

Hal itu dikatakan Plt Kepala Dinas Kesehatan Sumut Basarin Yunus Tanjung. Basarin menjelaskan bahwa MoU ini melibatkan rumah sakit yang terhubung dengan lokasi venue atlet, baik di tingkat kabupaten maupun kota.

“Persiapan PON termasuk menjalin MoU dengan rumah sakit di berbagai daerah untuk memastikan kesiapan layanan medis selama acara,” ujarnya. Selain itu, Dinas Kesehatan Sumut juga telah melaksanakan pelatihan penanganan risiko dan memetakan potensi risiko berdasarkan tingkat keparahan.

Rumah sakit yang terlibat dalam MoU meliputi fasilitas kesehatan di Medan, Deliserdang, Karo, Binjai, Langkat, Sergai, Pematangsiantar, Simalungun, Toba, Samosir, dan Tebingtinggi.

Sebanyak 1.150 tenaga medis dan pendukung kesehatan, termasuk paramedis dan sopir ambulans, telah disiapkan untuk mendukung kelancaran PON XXI.

Dengan persiapan yang matang ini, Dinas Kesehatan Sumut berkomitmen untuk memastikan layanan kesehatan yang optimal selama pelaksanaan PON XXI, menjamin keselamatan dan kesehatan para atlet serta semua pihak yang terlibat.

Rumah sakit di Kota Medan ada sebanyak 31 rumah sakit yaitu RS Adam Malik, RSU Haji Medan, RSUD Dr Pirngadi Medan, RSU USU, RSU Mitra Sejati, RSU Royal Prima Indonesia, RSU Regina Maris, RSU Estomihi, RSU Columbia Asia Aksara, RSU Putri Hijau, RSI Malahayati, RSU Bunda Thamrin, RSU Madani, RSU Bhayangkara.

RSU Murni Teguh, RSU Siloam, RSU Vina Estetika, RSIA Stella Maris, RSU Lanud Suwondo, RSU Eshmun, RSU Martha Friska Multatuli, RSU Advent, RSU Hermina Medan, RSU Methodist, RSU Deli, RSU Santa Elisabet, RSU Mitra Medika Amplas, RSIA Artha Mahinrus.

RSU Mitra Medika Tanjung Mulia, RSU Komang Makes Belawan, RSU Imelda. Rumah sakit di Kabupaten Deliserdang ada tujuh yakni RSUD Drs Amri Tambunan, RSU Grand Medistra Lubukpakam, RSU Mahawira Prima Indonesia, RSIA Pramaliesa, RSU Patar Asih, RSU Sembiring Deli Tua, RSIA Maharani;

Kabupaten Karo ada tiga rumah sakit yakni RSUD Kabanjahe, RSU Amanda, RSU Efarina Etaham. Kota Binjai tiga rumah sakit yakni RSUD Dr Djoelham, RSU Bidadari Binjai, RSU TNI Binjai. Kabupaten Langkat ada dua rumah sakit yaitu RSUD Tanjung Pura dan RSU Putri Bidadari.

Kabupaten Sergai ada dua rumah sakit yaitu RSUD Sultan Sulaiman dan RSU Melati Perbaungan. Kota Pematangsiantar ada empat rumah sakit yakni RSUD Dr Djasamen Saragih, RSU Murni teguh Horas Insani, RSU Vita Insani, RS TNI Pematangsiantar. Simalungun cuma satu rumah sakit yakni RSUD Parapat.

Kabupaten Toba ada dua rumah sakit yaitu RSUD Porsea dan RSU HKBP Balige. Kabupaten Samosir hanya satu yakni RSUD Drs Hadrianus Sinaga. Kota Tebingtinggi ada dua rumah sakit yakni RSUD Kumpulan Pane dan RSU Bhayangkara Tebingtinggi. (P3)

Berita Lainnya

Berita Terbaru