28 C
Medan
Kamis, September 12, 2024

Sambut Hari Pelanggan Nasional, PLN Resmikan SPKLU Baru di Sumut

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumut terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, khususnya di wilayah Sumatera Utara. Menyambut Hari Pelanggan Nasional dan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-79, PLN meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) baru di Kota Medan, Rabu (21/8/2024).

SPKLU PLN ULP Medan Timur yang terletak di Jalan Durung, Kecamatan Medan Tembung, Kota Medan. Hadir pada acara tersebut, diantaranya Kepala Sub Bagian Kawasan Olahraga Provinsi Sumut, Rino Hadi Soebakti, Camat Medan Tembung, Medan Timur, serta Lurah Glugur Darat, dan para pengguna kendaraan listrik yang antusias menyambut kehadiran SPKLU baru ini.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Medan Utara Edy Saputra dalam sambutannya mengungkapkan bahwa peresmian SPKLU baru ini merupakan bagian dari langkah strategis PLN dalam mendorong penggunaan kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan. Selain itu, SPKLU di PLN ULP Medan Timur untuk mensupport pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut.

“PLN berkomitmen untuk mendukung terciptanya ekosistem kendaraan listrik yang berkelanjutan di Sumut, khususnya di Kota Medan. Kehadiran SPKLU ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk beralih ke kendaraan listrik tanpa khawatir apabila kehabisan daya saat digunakan sekaligus mensupport pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut,” jelas Edy.

Kepala Sub Bagian Kawasan Olahraga Provinsi Sumut Rino Hadi Soebakti, menyampaikan terima kasih kepada PLN dalam menyukseskan pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut dengan menyediakan fasilitas SPKLU di salah satu venue.

“Terima kasih kepada PLN yang telah berkontribusi penuh dalam menyukseskan PON XXI Aceh-Sumut. Peresmian SPKLU ini merupakan salah satu upaya untuk menciptakan udara yang bersih, saat masyarakat sedang berolahraga,” ucap Rino.

Camat Medan Tembung yang diwakili oleh Kepala Seksi Kesehatan Sosial, M Ali Hasibuan mengapresiasi upaya PLN dalam mendorong masyarakat untuk beralih ke kendaraan yang ramah lingkungan.

“Pemerintah Kecamatan Medan Tembung mengapresiasi upaya PLN dalam memperbanyak fasilitas SPKLU khususnya di Kota Medan. Dengan banyaknya masyarakat beralih ke kendaraan listrik, dapat mengurangi emisi karbon di Sumut,” kata M Ali.

Dalam wawancara terpisah, General Manager PLN UID Sumut Saleh Siswanto mengatakan peresmian SPKLU baru ini sebagai komitmen PLN dalam mendorong pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik, terutama di Sumut.

Dengan semakin banyak fasilitas SPKLU, diharapkan masyarakat mau beralih dan tidak perlu khawatir kehabisan daya.

“Peresmian SPKLU ini merupakan salah satu langkah nyata PLN dalam mendukung kebijakan energi bersih dan berkelanjutan. Tercatat hingga Agustus 2024, PLN telah membangun sebanyak 39 mesin SPKLU yang tersebar di 27 lokasi strategis di Sumut. Kami berharap, dengan semakin banyaknya SPKLU yang tersebar, masyarakat akan semakin terdorong untuk beralih ke kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan. Ini juga menjadi momentum bagi kami untuk memperingati Hari Pelanggan Nasional, di mana kami berupaya memberikan layanan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan,” ungkap Saleh.

Dalam peresmian ini, Ricky Andrian Siahaan, salah satu pengguna kendaraan listrik, melakukan pengisian daya kendaraan dengan menggunakan aplikasi PLN Mobile.

Melalui aplikasi tersebut, pengguna kendaraan listrik dapat dengan mudah menemukan lokasi SPKLU terdekat dan melakukan pengisian daya.

“Proses pengisian daya sangat mudah, cukup scan barcode melalui aplikasi PLN Mobile. Selain itu, melalui aplikasi PLN Mobile, kita dapat mengetahui lokasi SPKLU terdekat,” pungkas Ricky.

Dengan peresmian SPKLU ini, PLN berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam upaya pelestarian lingkungan dan memenuhi kebutuhan pelanggan akan energi bersih. (P2)

Berita Lainnya

Berita Terbaru