24 C
Medan
Jumat, September 13, 2024

UMKM Sumut Diimbau Manfaatkan PON XXI untuk Pemasaran

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Sumut didorong untuk memanfaatkan momentum Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 sebagai sarana strategis untuk memasarkan produk-produk unggulan mereka.

Acara besar ini diperkirakan akan menarik ribuan tamu dari berbagai daerah, memberikan peluang emas bagi UMKM setempat. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumut Dr Naslindo Sirait SE MM.

Menurut Naslindo, PON XXI akan membawa banyak tamu ke Sumut, sehingga para pelaku UMKM di 10 kabupaten/kota di Sumut perlu memanfaatkan kesempatan ini untuk memasarkan produk mereka.

Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni menyampaikan pesan serupa dalam acara Gebyar UMKM Merdeka dan peluncuran Inkubator Bisnis dan Koperasi di Aula UPTD PLUT Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumut.

Fatoni menekankan bahwa menjadi tuan rumah PON adalah suatu kehormatan besar yang jarang terjadi, dan kesempatan ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

“Menjadi tuan rumah PON adalah kehormatan yang mungkin tidak akan kita alami lagi dalam 80 tahun ke depan. Oleh karena itu, mari kita jadikan PON ini sebagai yang terbaik sepanjang masa, dikenang baik oleh para atlet maupun official,” ujar Fatoni.

PON XXI diperkirakan akan mendatangkan sekitar 50 ribu orang ke Sumut, yang akan berdampak langsung pada perekonomian lokal, terutama sektor pariwisata, UMKM, dan industri kreatif.

Fatoni juga mengajak masyarakat untuk menjadi tuan rumah yang baik dan memanfaatkan peluang ekonomi yang muncul dari kehadiran para tamu tersebut.

Acara Gebyar UMKM Merdeka yang dihadiri Pj Gubernur Agus Fatoni bersama Pj Ketua Dekranasda Sumut, Tyas Fatoni, dan disaksikan Kadis Koperasi UMKM Naslindo Sirait menjadi momentum penting untuk mendorong pelaku UMKM Sumut dalam mempersiapkan diri menghadapi PON XXI.

Dengan adanya dukungan dari pemerintah, diharapkan UMKM di Sumut dapat mengambil manfaat maksimal dari penyelenggaraan PON XXI dan mengangkat produk-produk lokal ke tingkat nasional, bahkan internasional. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru