24 C
Medan
Jumat, September 13, 2024

Kemendikbudristek Dukung Festival Musikal Indonesia 2024 di Jakarta

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – Kemendikbudristek RI memberikan dukungan penuh terhadap Festival Musikal Indonesia 2024 yang akan diselenggarakan pada 18 hingga 20 Oktober mendatang di Ciputra Artpreneur, Jakarta.

Dukungan ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah untuk memperkuat ekosistem seni pertunjukan dan memajukan kebudayaan di tanah air.

Direktur Perfilman, Musik, dan Media, Ahmad Mahendra menekankan bahwa dukungan ini bertujuan untuk mendorong lahirnya generasi muda yang kreatif dan berbudaya.

“Festival ini tidak hanya mementingkan pentas, tapi juga penonton, seniman baru, serta para pemangku kepentingan lainnya. Kami berharap festival ini dapat merangsang industri musik di Indonesia dengan menggali kekayaan budaya nusantara,” ujar Mahendra.

Festival Musikal Indonesia 2024 akan menampilkan 76 grup musik dari seluruh Indonesia, lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya. Kurator festival, Josh Marcy menjelaskan bahwa festival tahun ini akan menyediakan dua panggung, panggung karya dan gala untuk menampilkan beragam bentuk kreatif dari seni musikal.

“Desain panggung ini merupakan respon terhadap perkembangan musikal saat ini dan bertujuan untuk menunjukkan potensi pertumbuhan pertunjukan musikal di tanah air,” kata Josh.

Ratna Riantiarno, juri dari Teater Koma menambahkan bahwa festival tahun ini didominasi oleh kalangan muda. “Ini menggembirakan karena menunjukkan bahwa banyak generasi muda yang menggandrungi seni musikal, dan diharapkan dapat terus berkembang di masyarakat,” ungkapnya.

Festival Musikal Indonesia 2024 merupakan edisi ketiga dari acara ini, dengan sembilan grup musikal yang terpilih melalui kurasi.

Festival ini didukung oleh lima kurator, yaitu Nala Amrytha, Nuya Susantono, Josh Marcy, Bhatara Saverigadi, dan Chriskevin Adefrid, yang akan menyusun rangkaian acara dan memilih grup peserta. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru