27 C
Medan
Selasa, September 17, 2024

Duta Genre Kota Medan 2024: Inspirasi Baru Bagi Remaja untuk Masa Depan yang Lebih Baik

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Pemerintah Kota (Pemko) Medan melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APMPPKB) sukses menggelar Pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) Kota Medan Tahun 2024.

Acara yang berlangsung di Hotel Grand Mercure ini menjadi ajang penting bagi para remaja di Kota Medan untuk menunjukkan potensi mereka dan menjadi inspirasi bagi sesama.

Sebanyak 40 remaja dari berbagai kecamatan di Kota Medan berkompetisi dalam acara ini, yang bertujuan untuk membekali mereka dengan pengetahuan, sikap, dan perilaku positif.

Melalui ajang ini, diharapkan para remaja dapat mengembangkan diri secara mental, fisik, intelektual, spiritual, dan sosial sehingga mampu menjadi figur teladan dalam menghadapi berbagai tantangan yang dihadapi remaja saat ini, seperti pernikahan dini dan penyalahgunaan narkoba.

Wali Kota Medan yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Sosial, Muhammad Sofyan menyampaikan bahwa pemilihan Duta Genre ini bukan sekadar ajang kompetisi, tetapi juga langkah konkret dalam mempersiapkan remaja untuk menjadi agen perubahan di masyarakat.

“Duta Genre yang terpilih nantinya memegang peran penting sebagai teladan dalam menjaga kesehatan, melestarikan budaya, dan menginspirasi remaja lain agar menjauhi pernikahan dini dan penyalahgunaan narkoba,” kata Sofyan dalam sambutannya.

Ajang ini juga diharapkan dapat mempersiapkan remaja Kota Medan dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045, di mana pada 100 tahun kemerdekaan Indonesia, remaja diharapkan memiliki kesehatan yang optimal serta pola hidup yang sehat.

“Kita juga ingin mendorong remaja untuk terus mengasah kecerdasan dan kreativitas mereka sehingga siap bersaing di era industri 4.0 dan menuju 5.0,” tambah Sofyan.

Duta Genre Kota Medan 2024 akhirnya jatuh kepada Zaky Maulana Siregar dan Cut Adisti Namira. Sementara itu, Attallah Sakhi dan Nafiah Ihsani terpilih sebagai Runner-up I, serta Zaky Andi Fachrezi dan Inayah Ananda Devira sebagai Runner-up II.

Sebagai salah satu finalis dan Runner-up II, Inayah Ananda Devira menyatakan rasa syukur dan tekadnya untuk memanfaatkan masa remaja dengan sebaik-baiknya.

“Masa remaja itu singkat, saya ingin memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya, salah satunya dengan ikut ajang ini. Saya ingin membuat masa remaja saya lebih bermakna dan terencana dengan matang, demi masa depan yang lebih baik lagi,” ujarnya.

Inayah juga menegaskan komitmennya untuk menjalankan amanah sebagai Runner-up II Duta Genre dengan menebarkan hal positif kepada remaja lainnya.

“Saya akan berusaha sebaik mungkin untuk menjalankan amanah dan tanggung jawab saya, agar bisa terus menginspirasi banyak remaja dan menyebarkan virus-virus genre melalui banyak kegiatan positif bersama teman-teman duta lainnya,” tutupnya.

Pemilihan Duta Genre Kota Medan 2024 ini menjadi bagian dari upaya Pemko Medan untuk meningkatkan kualitas hidup generasi muda, salah satunya melalui program posyandu remaja KEREN (Kreatif Edukatif Ramah Energik) yang fokus pada pemeriksaan kesehatan remaja dan pencegahan perilaku negatif.

Pemerintah juga terus memperkuat inisiatif di bidang pendidikan dan kebudayaan agar remaja Medan siap menghadapi tantangan masa depan. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru