24 C
Medan
Rabu, September 18, 2024

Polres Humbahas Gelar Simulasi Pengamanan Pilkada Serentak 2024

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Humbahas (buseronline.com) – Menjelang Pilkada serentak 2024, Polres Humbahas menggelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) di Lapangan Apel Mako Polres Humbahas, Jalan Tapian Nauli, Kecamatan Lintongnihuta. Kegiatan ini dipimpin Kapolres Humbahas AKBP Hary Ardianto SH SIK MH.

Kapolres Hary Ardianto menekankan pentingnya kesiapan seluruh personel kepolisian dalam menghadapi pelaksanaan pemilihan kepala daerah yang akan datang, yang mencakup pemilihan gubernur, wakil gubernur, bupati, dan wakil bupati.

“Simulasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa pengamanan di lapangan bisa berjalan dengan lancar, mulai dari tahap kampanye hingga penetapan pemenang,” ujarnya.

Simulasi tersebut melibatkan berbagai unit kepolisian, termasuk Dalmas Awal, Dalmas Lanjut, Negosiator, hingga penindakan oleh unit Gakkum.

Mereka berlatih mengendalikan massa dan menjaga keamanan proses distribusi logistik pemilu, pengamanan tempat pemungutan suara (TPS), hingga pengawalan kotak suara.

Seluruh tahapan pemilu diperagakan dalam simulasi ini, mulai dari masa kampanye, pemungutan suara, hingga penetapan pemenang.

“Kami ingin memastikan bahwa semua pihak yang terlibat dalam pengamanan Pilkada ini dapat menjalankan tugasnya dengan optimal, sehingga pelaksanaan Pilkada serentak 2024 dapat berlangsung dengan aman, tertib, dan lancar,” tambah Kapolres.

Kapolres menekankan bahwa tujuan utama dari simulasi ini adalah untuk memberikan pemahaman yang mendalam kepada seluruh personel mengenai tahapan pengendalian massa.

“Dengan demikian, diharapkan tidak ada personel yang melakukan pelanggaran saat mengamankan aksi unjuk rasa dari simpatisan atau pendukung partai politik maupun calon peserta Pilkada,” tutupnya.

Simulasi Sispamkota ini diharapkan dapat menjadi landasan yang kuat bagi Polres Humbahas dalam menghadapi tantangan pengamanan selama Pilkada serentak 2024, sehingga pemilihan dapat berlangsung dengan demokratis dan kondusif. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru