27 C
Medan
Selasa, September 17, 2024

Edy Rahmayadi Gandeng Hasan Basri di Pilgub Sumut

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPD PDIP Sumut Mangapul Purba mengungkapkan perkembangan terbaru terkait penentuan calon Wakil Gubernur Sumut yang diusung partainya dalam pemilihan mendatang.

Mangapul menjelaskan bahwa pihaknya baru saja berkomunikasi mengenai usulan calon Wakil Gubernur Sumut yang akan mendampingi Edy Rahmayadi.

“Sudah ada konfirmasi bahwa pak Edy mengusulkan nama Hasran Basri Sagala sebagai calon wakil gubernur. Prosesnya tinggal menunggu SK (Surat Keputusan) dari DPP,” katanya kepada jurnalis.

Mangapul menambahkan, setelah SK dari DPP PDIP diterbitkan, pihaknya akan segera mendaftarkan pasangan calon tersebut ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut.

Namun, terkait kapan pendaftaran akan dilakukan, Mangapul masih belum bisa memastikan tanggal pastinya. “Soal pendaftaran, nanti kita akan umumkan. Tapi rencananya sebelum tanggal 29,” katanya.

Sebelumnya, bakal calon Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengaku memilih kader PDIP Hasan Basri Sagala yang juga Tenaga Ahli Menteri Agama RI mendampinginya untuk maju di Pilgub Sumut 2024. “Untuk wakil saya (memilih) Hasan Basri Sagala,” kata Edy, Sabtu (24/8/2024) malam.

Mantan Gubernur Sumut itu mengaku alasan memilih Hasan Basri karena yang bersangkutan kader PDIP. “Pertama kalau foto tingginya sama jadi simetris dia. Kedua dia merupakan kader PDIP. Saya kan diusung PDIP. Wajar dong kalau dia jadi wakil saya,” ujarnya.

Tak hanya itu, kata Edy, Hasan Basri merupakan seorang akademisi dan pemuka agama. “Yang ketiga memang dia seorang akademisi. Ustad yang terbaik dalam kuliahnya. Yang keempat mempunyai motivasi semangat dan tidak pernah berurusan dengan hal hal yang negatif,” ujarnya.

Edy mengaku pihaknya masih menjadwalkan untuk mendaftar ke KPU Sumut. “Untuk mendaftar ke KPU jadwal mendaftarnya tanya sama tim saya,” katanya.

Edy Rahmayadi sejauh ini didukung oleh tiga partai politik di Pilgub Sumut 2024 yakni PDIP, Hanura, dan Partai Ummat. (P3)

Berita Lainnya

Berita Terbaru