27 C
Medan
Jumat, September 20, 2024

RSUD Margono Soekarjo Hadirkan Layanan Radioterapi Linac untuk Tangani Kanker

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Purwokerto (buseronline.com) – RSUD Margono Soekarjo Purwokerto resmi meluncurkan layanan radioterapi Linear Accelerator (Linac) untuk penanganan kanker. Peresmian alat berteknologi tinggi ini dilakukan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Jumat.

Menkes Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan apresiasinya terhadap fasilitas baru tersebut. “Saya kunjungan ke RSUD Margono untuk melihat operasi Linac di sini. Ruangannya sangat bersih dan saya senang melihat banyak dokter yang terlibat,” ujarnya.

Menkes Budi yakin bahwa kehadiran Linac akan menjadi lompatan signifikan bagi RSUD Margono untuk menjadi rumah sakit dengan tipe tertinggi di daerah tersebut.

Direktur Utama RSUD Margono Harsini menyatakan bahwa jumlah kunjungan pasien kanker terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Pada 2020, jumlah pasien rawat jalan mencapai 6.330 orang, dan meningkat menjadi 8.182 orang pada 2023.

Sementara pasien rawat inap meningkat dari 4.658 orang pada 2020 menjadi 7.477 orang pada 2023.

Dokter spesialis radioterapi, dr Arundito Widikusumo melaporkan bahwa sejak Linac mulai beroperasi pada 12 Agustus 2024, layanan tersebut telah melayani sekitar 10 pasien, sebagian besar berasal dari luar Purwokerto, termasuk daerah-daerah seperti Jawa Barat, Cilacap, dan Brebes.

Sebelumnya, RSUD Margono menggunakan Cobalt-60 untuk radioterapi, namun dengan meningkatnya jumlah pasien, antrean menjadi cukup panjang. Kehadiran Linac diharapkan dapat mengurangi waktu tunggu dan meningkatkan kapasitas layanan.

Dimas Kartiko Wibowo, seorang pasien poli paru RSUD Margono menyatakan kepuasan atas layanan Linac. “Saya merasa sangat puas. Fasilitasnya sudah memadai dan lengkap, jadi tidak perlu lagi ke luar kota. Semoga fasilitas di RSUD Margono bisa terus ditingkatkan,” ujarnya.

Dengan adanya Linac, RSUD Margono Soekarjo berkomitmen untuk mendekatkan layanan kesehatan kanker berkualitas kepada masyarakat Purwokerto dan sekitarnya, mengurangi ketergantungan pada kota-kota besar seperti Semarang dan Jakarta. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru