27 C
Medan
Selasa, September 17, 2024

Medan Gelar Festival untuk Tingkatkan Pemahaman tentang Autisme

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Pemerintah Kota (Pemko) Medan memberikan apresiasi tinggi terhadap penyelenggaraan Autism One Day Festival yang digelar, di Atrium Manhattan Square, Minggu.

Festival ini merupakan platform penting untuk berbagi pengetahuan, membangun komunitas inklusif, dan mempromosikan dukungan berkelanjutan bagi anak-anak dengan Autism Spectrum Disorder (ASD) dan keluarga mereka.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Medan Edliaty mewakili Wali Kota Medan dalam acara tersebut.

Dalam sambutannya, Edliaty menyampaikan bahwa data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menunjukkan bahwa sekitar 2,4 juta anak di Indonesia mengalami ASD.

“Dari total kelahiran anak di Indonesia yang mencapai 4,5 juta per tahun, satu dari 100 anak di antaranya mengidap ASD,” ungkap Edliaty.

Edliaty menekankan pentingnya kegiatan seperti festival ini untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang autisme.

Dengan pemahaman yang lebih baik, masyarakat diharapkan dapat mendeteksi autism secara dini dan memberikan intervensi yang tepat, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup anak-anak dengan ASD.

Acara Autism One Day Festival dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, termasuk seminar, pameran, penampilan anak-anak dengan autisme, serta pembentukan forum komunikasi keluarga autis Medan.

Kegiatan ini diselenggarakan Perempuan Pemimpin Indonesia (Perpina) Sumut, dan bertujuan untuk memberikan dukungan serta informasi yang bermanfaat bagi keluarga yang memiliki anak dengan autisme. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru