25 C
Medan
Kamis, September 19, 2024

Obor PON XXI Tiba di Lubukpakam 8 September

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Lubukpakam (buseronline.com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan akan menghadiri pembukaan PON XXI Aceh-Sumut yang dijadwalkan berlangsung di Aceh, Senin, 9 September 2024. Sementara itu, pembukaan di Sumut akan dilaksanakan di Stadion Baharuddin, Lubukpakam, Deliserdang secara on-air.

Kepastian ini terungkap dalam Rapat Persiapan Dukungan Kirab Obor Api dan Upacara Pembukaan PON XXI Tahun 2024 di Kabupaten Deliserdang, yang digelar di Aula Cendana, Kantor Bupati Lubukpakam, Senin. Rapat tersebut dipimpin Pj Sekda Deliserdang Citra Effendi Capah.

Citra Effendi Capah menyampaikan bahwa awalnya pembukaan PON direncanakan berlangsung pada Minggu, 8 September 2024, namun diundur satu hari menjadi Senin, 9 September 2024.

“Pemerintah Kabupaten dan masyarakat Deliserdang bersyukur telah dipercaya sebagai tempat pembukaan PON XXI di Sumut,” ujar Pj Sekda. Ia menegaskan pentingnya kolaborasi semua pihak untuk mempersiapkan acara ini dengan sebaik-baiknya.

Pembukaan dan venue PON di Sumut sebagian besar akan diselenggarakan di Kabupaten Deliserdang.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Budporapar) Deliserdang Ismail menjelaskan bahwa meskipun Deliserdang bukan penyelenggara utama PON, peran kabupaten ini sangat signifikan karena menjadi lokasi bagi 23 cabang olahraga, termasuk di Lapangan Astaka dan Sumut Sport Center.

“Event ini adalah momen sejarah, pertama kali Sumatera Utara menjadi tuan rumah PON adalah 70 tahun yang lalu, pada 1953. Ini saatnya kita menyambut dan menyukseskan PON XXI dengan memberikan kesan terbaik kepada para tamu,” ujar Ismail.

Kirab Obor Api PON akan dimulai pada 1 September 2024 di Kabupaten Dairi dan akan melintasi 18 kabupaten/kota, termasuk Kabupaten Karo dan Serdang Bedagai, sebelum tiba di Lubukpakam pada 8 September 2024. Obor ini akan dibawa oleh tim yang terdiri dari 21 atlet lari serta unsur TNI dan Polri.

Setibanya di Lubukpakam, Obor Api PON akan dibawa dari Pintu Tol Lubukpakam menuju Alun-Alun Pemkab Deliserdang, di mana akan dilakukan upacara penyerahan Obor Api PON. Selanjutnya, obor akan melanjutkan perjalanan ke Pintu Tol Paluh Kemiri.

Masyarakat di sepanjang rute kirab diharapkan ikut memeriahkan dan menyambut obor ini sebagai bagian dari sejarah olahraga nasional.

Rapat persiapan ini menegaskan pentingnya koordinasi dan kerja sama antara pemerintah, TNI/Polri, dan masyarakat untuk menyukseskan perhelatan akbar PON XXI di Sumut. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru