27 C
Medan
Selasa, September 17, 2024

Pengelolaan Air Jadi Fokus, Jokowi Resmikan Bendungan

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Lampung (buseronline.com) – Presiden RI Ir H Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Margatiga yang terletak di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung, Selasa.

Dalam acara tersebut, Presiden Jokowi menekankan bahwa pengelolaan air akan menjadi prioritas utama pemerintah ke depannya, mengingat pentingnya air sebagai sumber kehidupan, irigasi pertanian, dan upaya pengendalian banjir.

“Ke depan, air akan menjadi hal yang sangat penting bagi kehidupan kita. Oleh karena itu, pemerintah akan fokus pada manajemen pengelolaan air yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di seluruh Tanah Air,” ujar Presiden Jokowi dalam sambutannya.

Turut mendampingi Presiden dalam peresmian ini adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Penjabat Gubernur Lampung Samsudin, Direktur Utama Adhi Karya Entus Asnawi Mukhson, dan Direktur Utama Waskita Karya Muhammad Hanugroho.

Bendungan Margatiga mulai dibangun pada tahun 2017 dengan nilai investasi sebesar Rp846 miliar. Proyek ini mencakup area genangan seluas 2.313 hektar dan memiliki kapasitas tampung hingga 42 juta meter kubik.

“Setelah tujuh tahun dikerjakan, alhamdulillah pada hari ini Bendungan Margatiga telah selesai dan siap difungsikan,” kata Presiden Jokowi.

Bendungan Margatiga merupakan bendungan ke-44 yang diresmikan selama masa pemerintahan Presiden Jokowi. Ia berharap bendungan ini dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk berbagai kebutuhan, termasuk irigasi pertanian dan pengurangan risiko banjir di wilayah sekitarnya.

“Kami berharap produktivitas petani yang terkait dengan Bendungan Margatiga ini dapat meningkat secara signifikan,” tambah Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak yang terlibat dalam pembangunan bendungan ini dan berharap keberadaan Bendungan Margatiga dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat Lampung Timur dan sekitarnya. (R3)

Berita Lainnya

Berita Terbaru