25 C
Medan
Kamis, September 19, 2024

Timnas Indonesia U-20 Tumbangkan Argentina 2-1, Erick Thohir: Jangan Jemawa!

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – Timnas Indonesia U-20 mencatat sejarah baru dalam dunia sepak bola nasional dengan kemenangan dramatis 2-1 atas Argentina U-20, tim yang menduduki peringkat pertama FIFA.

Pertandingan ini merupakan bagian dari mini turnamen Seoul Earth On Us Cup 2024 yang berlangsung di Seoul, Korea Selatan, Rabu.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir memuji perjuangan para pemain muda Indonesia yang berhasil bangkit setelah tertinggal lebih dulu.

“Ini kemenangan bersejarah. Saya yang menonton pertandingan itu melihat luar biasa perjuangan para pemain kita. Apalagi mereka mencetak kemenangan dengan comeback setelah lebih dulu tertinggal. Benar-benar salut,” ujar Erick Thohir di Jakarta.

Meski memberikan apresiasi tinggi atas kemenangan fenomenal ini, Erick juga mengingatkan pentingnya untuk tetap rendah hati. “Meski bisa kalahkan Argentina, tim yang peringkatnya jauh di atas kita, ingat jangan sombong atau jemawa,” tambahnya.

Dalam laga tersebut, Indonesia sebenarnya unggul dalam penguasaan bola dengan persentase 65 persen dibandingkan 35 persen yang dimiliki Argentina selama 45 menit pertama.

Namun, rapatnya barisan pertahanan Argentina membuat para pemain Indonesia kesulitan untuk menembus pertahanan lawan.

Argentina bahkan berhasil unggul lebih dulu melalui gol Mirko Juarez di menit ke-17, memanfaatkan serangan balik cepat yang diakhiri dengan sundulan yang memperdaya kiper Ikram Algiffari.

Kemenangan Indonesia diawali dengan gol penyama kedudukan di menit ke-74. Gol tersebut tercipta dari tendangan bebas Mouri Ananda yang berhasil disambar Kadek Arel Priyatna.

Keberhasilan penalti Ananda di menit ke-82 memastikan kemenangan Indonesia, dengan skor akhir 2-1 bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Erick Thohir menyanjung permainan tim asuhan pelatih Indra Sjafri yang dinilai tampil tanpa rasa gentar menghadapi tim sekuat Argentina.

“Pertahanan kita juga saya nilai solid. Beberapa kali digempur, tapi bisa keluar dari tekanan. Semoga ini menjadi modal dalam segi mental yang bagus, asal ingat, perjalanan mereka masih panjang,” tuturnya.

Kemenangan ini diharapkan menjadi dorongan moral yang kuat bagi Timnas Indonesia U-20 dalam menghadapi pertandingan-pertandingan berikutnya di turnamen ini dan kompetisi lainnya di masa mendatang. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru