25 C
Medan
Kamis, September 19, 2024

RS Adam Malik Laksanakan Pemeriksaan Kesehatan 14 Bakal Paslon Kepala Daerah di Sumut

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Rumah Sakit (RS) Adam Malik Medan hari ini mulai melaksanakan rangkaian pemeriksaan kesehatan terhadap 14 bakal pasangan calon (paslon) kepala daerah atau 28 bakal calon (balon) kepala daerah dari 7 kabupaten/kota dan 1 provinsi di Sumut.

Pemeriksaan ini merupakan bagian dari persyaratan yang harus dipenuhi oleh setiap calon yang akan bertarung dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Direktur Utama RS H Adam Malik dr Zainal Safri SpPD-KKV SpJP (K) menjelaskan bahwa pemeriksaan tahun ini berbeda dan lebih lengkap dibandingkan periode sebelumnya.

“Pemeriksaan kesehatan tahun ini lebih komprehensif, dengan penambahan tes seperti MRI dan EMG calon peserta,” kata Zainal didampingi Ketua Tim Pelaksana Pemeriksaan Kesehatan dr Andriandi MKed (Surg) SpOT dan Wakil Ketua Tim Pelaksana Pemeriksaan Kesehatan drg Helena Surbakti MKes, Jumat (30/8/2024).

Menurut dr Zainal, tim medis yang terlibat dalam pemeriksaan ini terdiri dari 57 dokter spesialis dan sub-spesialis, serta total 153 anggota tim termasuk perawat dan analis. “Kami bekerja sama dengan RS Putri Hijau jika jumlah pasien di satu hari sangat banyak, namun semua proses tetap dikelola oleh RS Adam Malik,” tambahnya.

Sebelumnya, para calon diharuskan berpuasa untuk menjalani pemeriksaan darah dan USG. Pemeriksaan kesehatan ini dijadwalkan berlangsung hingga 2 September 2024, dengan hasil pemeriksaan yang akan diserahkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 3 September 2024.

Dalam pemeriksaan hari ini, sejumlah bakal paslon telah hadir, termasuk pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Hasan Basri Sagala, tiga pasangan calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Medan, serta beberapa pasangan calon bupati dan wali kota dari kabupaten/kota lainnya.

Sedangkan, bakal paslon Gubernur-Wakil Gubernur Sumut Bobby Nasution-Surya diinformasikan melakukan pemeriksaan kesehatan, Senin (2/9/2024). “Beberapa pasangan calon lainnya dijadwalkan hadir pada hari-hari berikutnya,” ungkapnya.

Ketua KPU Sumut Agus Arifin menyampaikan bahwa seluruh dokumen pendaftaran bakal paslon telah diverifikasi dan lengkap. “Dokumen yang lengkap telah diserahkan ke RS Adam Malik untuk pemeriksaan kesehatan sesuai rekomendasi dari Dinas Kesehatan Sumut” jelasnya.

RS Adam Malik berkomitmen untuk bersikap netral dan profesional dalam proses ini, membantu KPU dalam memastikan bahwa setiap calon yang maju memenuhi syarat kesehatan yang ditetapkan.

“Kami selalu bekerja sama dengan baik dengan KPU setiap lima tahun sekali, dan tahun ini kami juga siap untuk melaksanakan tugas ini dengan penuh tanggung jawab,” pungkas dr Zainal.

Pemeriksaan kesehatan ini menjadi salah satu tahap penting dalam seleksi calon kepala daerah, memastikan bahwa mereka yang terpilih nantinya memiliki kondisi kesehatan yang prima untuk memimpin daerah mereka masing-masing.

Bakal paslon terdiri Balon Gubernur, Edy Rahmayadi dan calon Wakil Gubernur Sumut Hasan Basri Sagala. Bakal paslon Bupati Padanglawas Utara, Hamsiruddin Siregar dan calon Wakil Bupati Padanglawas Utara Purba Hasibuan.

Bakal paslon Bupati Sibolga, Akhmad Syukri Nazry Penarik dan calon Wakil Bupati Sibolga Pantas Maruba Lumbantobing. Bakal paslon Bupati Kabupaten Deliserdang Asri Ludin Tambunan dan calon Wakil Bupati Deliserdang Lom-lom Suwondo.

Bakal paslon Bupati Deliserdang Sofyan Nasution dan calon Wakil Bupati Deliserdang Junaidi Parapat. Bakal paslon Bupati Deliserdang, HM Ali Yusuf Siregar dan calon Wakil Bupati Deliserdang Bayu Sumantri Agung.

Bakal paslon Bupati Toba, Robinson Sitorus dan calon Wakil Bupati Toba Tonny M Simanjuntak. Bakal paslon Bupati Tapanuli Tengah Khairul Kiyedi Pasaribu dan calon Wakil Bupati Tapanuli Tengah Darwin Sitompul.

Bakal paslon Bupati Dairi, Rimso Maruli Sinaga dan calon Wakil Bupati Dairi Barita Sihite. Bakal paslon Bupati Dairi, Danjor Nababan dan calon Wakil Bupati Dairi Azhar Bintang.

Bakal paslon Bupati Dairi, David Partahan Najogi Sasta Maju Tambunan dan calon Wakil Bupati Dairi Dedy Manihar Matondang. Bakal paslon Wali Kota Medan Rico Tri Putra Bayu Waas dan calon Wakil Wali Kota Medan Zakiyuddin Harahap.

Bakal paslon Wali Kota Medan Ridha Dharmajaya dan calon Wakil Wali Kota Medan Abdul Rani. Bakal paslon Wali Kota Medan Hidayatullah dan calon Wakil Wali Kota Medan Yasir Ridho Loebis. (P3)

Berita Lainnya

Berita Terbaru