27 C
Medan
Selasa, September 17, 2024

Kejati Sumut Peringati Hari Lahir ke-79 Kejaksaan RI

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Kejati Sumut menggelar upacara peringatan Hari Lahir (Harlah) Kejaksaan RI yang ke-79, Senin. Upacara yang berlangsung di halaman kantor Kejati Sumut, Jalan AH Nasution Medan Johor, dipimpin Kajati Sumut Idianto yang juga membacakan amanat Jaksa Agung.

Harlah Kejaksaan pada tanggal 2 September diperingati berdasarkan Keputusan Jaksa Agung Nomor: 196 Tahun 2023, setelah melalui penelitian arsip-arsip nasional oleh para ahli sejarah dan Kejaksaan.

Tanggal tersebut dipilih karena pada 2 September 1945, Presiden Soekarno melantik Kabinet Presidensial pertama Indonesia, termasuk Meester de Rechten Gatot Taroenamihardja sebagai Jaksa Agung.

Jaksa Agung dalam amanatnya menyampaikan bahwa peringatan Harlah kali ini berbeda dari Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) yang diperingati sejak 22 Juli 1960. HBA merayakan perubahan struktur kelembagaan Kejaksaan menjadi lembaga mandiri, terpisah dari Departemen Kehakiman.

Tema peringatan tahun ini adalah “Hari Lahir Kejaksaan sebagai Simbol Terwujudnya Kedaulatan Penuntutan dan Advocaat Generaal”, yang menegaskan komitmen Kejaksaan untuk teguh pada prinsip hukum dan keadilan.

Upacara ini dihadiri pejabat struktural Kejati Sumut, Kajari terdekat, serta pegawai jajaran Kejati Sumut.

Kajati Idianto menekankan pentingnya insan Adhyaksa untuk terus berdiri di atas prinsip hukum dan keadilan, serta menjaga independensi lembaga. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru