23.4 C
Medan
Rabu, September 18, 2024

Pertamina Luncurkan CSR Siantar Haroan Bolon

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Pematangsiantar (buseronline.com) – PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Fuel Terminal (FT) Pematangsiantar meresmikan Program Corporate Social Responsibility (CSR) bertajuk “Siantar Haroan Bolon,” Jumat.

Program yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat ini diresmikan Wali Kota Pematangsiantar Susanti Dewayani di Kelurahan Banjar, Kecamatan Siantar Barat.

Susanti menyampaikan apresiasi atas kontribusi PT Pertamina Patra Niaga melalui program tersebut. “Kami Pemerintah Kota Pematangsiantar mengucapkan terima kasih kepada PT Pertamina Patra Niaga FT Pematangsiantar atas pelaksanaan program CSR Siantar Haroan Bolon. Ini adalah sumbangsih yang luar biasa untuk kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Program “Siantar Haroan Bolon” yang diambil dari Bahasa Simalungun yang berarti gotong royong, mengusung konsep inovatif dalam pengelolaan lingkungan. Masyarakat dilibatkan dalam program peternakan ayam halaman, kebun pangan, serta pengomposan sampah organik secara berkelanjutan.

Melalui program ini, masyarakat diajak untuk bergotong royong memperbaiki lingkungan sekitar, sekaligus meningkatkan pendapatan dan ekonomi lokal.

Area Manager Communication Relation & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Susanto August Satria menjelaskan bahwa program ini telah memberikan manfaat nyata bagi warga Kelurahan Banjar dan Kelurahan Bantan.

Sebanyak 13 penerima manfaat telah bergabung dalam program ini, dengan 11 kandang ayam yang sudah dibangun.

“Program ini tidak hanya mendukung kebutuhan pangan warga melalui hasil peternakan dan kebun, tetapi juga menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan bersih. Sampah organik diolah menjadi kompos yang digunakan sebagai media tanam di kebun pangan, sehingga keberlanjutan lingkungan dapat terjaga,” jelasnya.

Program ini juga menggandeng bisnis lokal, seperti Ayam Pecak, untuk mendukung keberlanjutan pakan ayam. Selain itu, masyarakat di sekitar lokasi program dilibatkan dalam pengelolaan sampah dan pemanfaatan lahan yang tersedia, sehingga tercipta ruang terbuka hijau yang asri dan nyaman.

Rahmawati, salah satu penerima manfaat program, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas dukungan Pertamina. “Lingkungan kami kini terlihat lebih indah dan teratur. Masyarakat jadi lebih semangat untuk memelihara ayam dan menjaga kebersihan lingkungan,” ungkapnya.

Turut hadir dalam acara peresmian ini adalah Sr SVP CSR & SMEPP PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Agustina Mandayati, Pjs Fuel Terminal Manager Pematangsiantar, Teguh Try Hartono, serta para penerima manfaat program.

Program Siantar Haroan Bolon ini merupakan wujud nyata komitmen PT Pertamina Patra Niaga FT Pematangsiantar dalam mendukung kemandirian masyarakat melalui pemberdayaan ekonomi yang berkelanjutan.

Program ini juga sejalan dengan pencapaian beberapa Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), terutama dalam hal mengurangi kemiskinan, mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif, dan mempromosikan konsumsi serta produksi yang bertanggung jawab. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru