25 C
Medan
Kamis, September 19, 2024

Jelang PON XXI Aceh-Sumut, Dishub Sumut Mobilisasi 1.853 Orang

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Dinas Perhubungan (Dishub) Sumut intensif memobilisasi atlet, official, dan panitia pelaksana (panpel) menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

Hingga Selasa (3/9/2024), sebanyak 1.853 orang telah dipindahkan dari dan ke Bandara Kualanamu (KNIA), hotel-hotel akomodasi, serta venue pertandingan di Provinsi Sumut.

Mobilisasi ini melibatkan 180 kendaraan yang mengangkut para atlet, official, dan panpel ke lokasi-lokasi penting, termasuk Radisson Hotel, Karibia Hotel, Hotel Grand Antares, Wings Hotel, Hotel Griya, Travel Biz, Sky View, serta berbagai venue seperti GOR Dispora Sumut, Gedung Serbaguna Unimed, Lapangan Cerdas Lubuk Pakam, Martial Arts Arena, Kolam Renang, dan Mikie Holiday.

Pada Selasa (3/9/2024), Dishub Sumut melanjutkan mobilisasi 1.263 orang dari berbagai titik penjemputan menuju lokasi tujuan untuk latihan dan pertandingan cabang olahraga seperti sepak bola putri, balap sepeda MTB, hoki indoor, senam ritmik, futsal, cricket, barongsai, dan polo air.

Sebanyak 112 unit armada melekat dan 90 unit armada shuttle dioperasikan untuk memastikan kelancaran transportasi.

Kepala Dishub Sumut Dr Agustinus Panjaitan MT mengatakan secara umum proses mobilisasi berjalan lancar, namun pihaknya masih menghadapi beberapa kendala, seperti kedatangan tamu di luar jadwal dan kemacetan lalu lintas akibat cuaca hujan deras.

Untuk mengatasi kendala ini, Dishub Sumut telah mengaktifkan Command Center sebagai pusat kendali transportasi yang dilengkapi dengan GPS untuk memantau pergerakan armada secara real-time.

Pengemudi kendaraan juga diwajibkan menginstal aplikasi Transponsumut untuk memudahkan komunikasi dan pemantauan. Selain itu, Dishub Sumut terus mengoptimalkan pengaturan lalu lintas di sekitar venue dan jalur-jalur utama yang berpotensi macet, seperti Jalan Pancing, Jamin Ginting, dan Jalan Sisingamangaraja. Langkah-langkah ini diambil untuk mendukung kelancaran rangkaian kegiatan PON XXI/2024 di Sumut. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru