27 C
Medan
Selasa, September 17, 2024

Kemendikbudristek Raih Penghargaan Stan Terbaik di Pameran Kriyanusa 2024

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – Kemendikbudristek meraih penghargaan Stan Terbaik dari Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) pada Pameran Kriyanusa 2024. Penghargaan tersebut diberikan Ketua Bidang Wirausaha Baru Dekranas, Ibu Endang Budi Karya, kepada Direktur Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan Kemendikbudristek, Restu Gunawan pada acara penutupan Pameran Kriyanusa 2024 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Minggu.

Pameran Kriyanusa 2024 merupakan ajang yang bertujuan untuk meningkatkan daya tarik produk unggulan kerajinan Indonesia serta mendorong pemasaran hasil karya para perajin lokal. Dalam penilaian lomba stan terbaik, tim juri menetapkan tiga kriteria utama, yaitu keunikan dan daya tarik desain stan, kualitas dan keberagaman produk yang dipamerkan, serta kemampuan dan keramahan dalam melayani pengunjung.

Stan Kemendikbudristek menonjol dengan konsep yang menampilkan capaian program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Tekun Tenun dan Kriya Indonesia, hasil kerjasama antara Kemendikbudristek dan Dekranas sejak tahun 2020.

Stan ini mempersembahkan produk-produk dari para lulusan PKW yang tersebar di seluruh Indonesia, dengan perwakilan dari tiga wilayah: barat, tengah, dan timur. Produk-produk ini dihadirkan secara tematik di tiga titik stan, menonjolkan ciri khas masing-masing wilayah.

Selain itu, stan Kemendikbudristek juga menyediakan Pojok Konsultasi sebagai wadah edukasi bagi pengunjung yang tertarik menjadi mitra program PKW, serta Pojok Pewarna Alam yang menekankan pada keberlanjutan lingkungan.

Pengunjung juga disuguhkan dengan demo tenun dan pintal oleh 15 lulusan PKW yang mewakili daerah asal mereka, menampilkan keunikan motif dan teknik tenun tradisional.

Pada kesempatan tersebut Plh Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Anang Ristanto menyampaikan apresiasinya atas penghargaan yang diterima.

“Kami berterima kasih kepada Dekranas sebagai penyelenggara Pameran Kriyanusa atas penghargaan ini. Penghargaan ini akan menjadi motivasi bagi kami untuk terus berinovasi dan berkolaborasi dalam memajukan pendidikan di Indonesia,” ujarnya.

Dengan penghargaan ini, Kemendikbudristek kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pelestarian budaya dan memajukan pendidikan vokasi di Indonesia, khususnya melalui program yang memadukan inovasi, kreativitas, dan kearifan lokal. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru