25 C
Medan
Sabtu, September 21, 2024

Sumut Luncurkan Aplikasi ‘Literasi Permata’ untuk Permudah Peminjaman Buku

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni meluncurkan aplikasi ‘Literasi Permata’ dalam sebuah acara di Aula Raja Inal Siregar, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Selasa.

Aplikasi ini dirancang untuk mempermudah masyarakat dalam meminjam buku dari perpustakaan di seluruh Provinsi Sumut, tanpa batasan jarak.

“Kami meluncurkan jejaring perpustakaan sehingga semua orang bisa meminjam buku dari perpustakaan di Sumut tanpa memperhatikan jarak. Dengan aplikasi Literasi Permata, tidak ada alasan lagi untuk tidak menemukan buku yang dibutuhkan,” ujarnya.

Fatoni berharap aplikasi ini akan memperluas akses masyarakat terhadap buku, baik dalam bentuk fisik maupun digital. Dengan jumlah buku yang mencapai sekitar 190.000, aplikasi ini diharapkan dapat mengatasi masalah ketersediaan buku yang sebelumnya hanya dipinjam sekitar 20%.

Aplikasi ‘Literasi Permata’ bertujuan untuk meningkatkan budaya literasi dan kemudahan akses membaca. “Mari kita sosialisasikan peminjaman buku melalui aplikasi online ini. Ini akan membawa buku lebih dekat kepada masyarakat dan mendukung pengembangan budaya literasi secara luas,” tambahnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut Dwi Endah Purwanti menjelaskan bahwa peluncuran aplikasi ini bertujuan untuk menciptakan sistem perpustakaan yang adil dan beradab di seluruh Sumut. “Dengan meningkatkan literasi, kami berharap dapat meningkatkan indeks pembangunan manusia dan mendorong masyarakat untuk lebih gemar membaca,” katanya.

Acara peluncuran ini dihadiri oleh berbagai pejabat, termasuk Sekda Sumut Arief S Trinugroho, Ketua DWP Sumut Dian Arief Trinugroho, serta perwakilan dari Forkopimda Sumut, organisasi perpustakaan se Sumut, dan pimpinan OPD Sumut lainnya. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru