27 C
Medan
Jumat, September 20, 2024

Dukungan Indonesia untuk Pengendalian Mpox di Afrika: Komitmen dan Kolaborasi Global

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Bali (buseronline.com) – Dalam pertemuan bilateral yang berlangsung di sela-sela Forum Indonesia-Afrika (IAF) ke-2, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin bertemu dengan Direktur Jenderal Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Afrika (CDC Afrika), Dr Jean Kaseya, Selasa.

Pertemuan ini menyoroti dukungan Indonesia terhadap pengendalian wabah Mpox di Afrika. Indonesia menggarisbawahi pentingnya solidaritas global dan komitmen untuk memperkuat sistem kesehatan di Afrika.

Sebagai bagian dari inisiatif ini, Indonesia akan menyediakan 30 unit alat tes cepat molekuler (TCM/Tes Cepat Molekuler ID Care), yang dapat mendeteksi Mpox, TB, HIV, dan penyakit menular lainnya, serta 12.000 alat uji khusus untuk Mpox dan 400 botol obat antivirus Tecovirimat.

Menkes Budi Gunadi Sadikin berharap kolaborasi ini akan memperkuat hubungan Indonesia dengan Afrika dan memberikan dukungan yang diperlukan untuk pengendalian Mpox.

Ia juga menekankan perlunya dukungan teknis dan kerja sama melalui platform pendidikan dan pembuatan produk kesehatan sebagai bagian dari kemitraan tiga arah.

Jean Kaseya, dalam kesempatan yang sama, menekankan perlunya solidaritas global dalam menghadapi Mpox.

Ia mendorong negara-negara ASEAN untuk terlibat dalam upaya ini dan menyarankan pembentukan kerja sama trilateral antara ASEAN, Afrika, dan Amerika Latin untuk riset, pengembangan vaksin, dan alat diagnostik.

Kolaborasi ini diharapkan tidak hanya membantu pengendalian Mpox di Afrika, tetapi juga memperkuat hubungan internasional dan kerjasama kesehatan global. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru