32 C
Medan
Kamis, September 19, 2024

Srikandi PLN Bagi Tips Jualan Lewat PLN Mobile Kepada Pengrajin Ulos

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Pematangsiantar (buseronline.com) – Bersamaan dengan momen Srikandi Movement: Women Support Women Pelatihan dan Workshop Transformasi SDM Penenun Ulos Menuju Produk Berkualitas dan Berdaya Saing di Pematangsiantar, yang dilaksanakan sebagai salah satu program TJSL, Srikandi PLN UID Sumut hadir mendampingi dan berbagi informasi peluang bisnis kepada peserta pelatihan.

Menyoroti peluang pasar yang luas bagi produk ulos asli Sumut, Srikandi menyampaikan bahwa chanel pemasaran produk kini dapat dilakukan melalui fitur Marketplace PLN Mobile.

“UMKM merupakan penunjang perekonomian Indonesia, sebesar 61% dipegang oleh UMKM, dan dari 61% tersebut didominasi oleh Perempuan,” jelas Satpaulina, Wakil Ketua Tim Gugus Srikandi PLN UID Sumut, Kamis (12/9/2024).

Beliau juga menjelaskan bahwa UMKM sudah melek dengan pasar digital, sehingga materi pelatihan yang disampaikan juga menjadi informasi tambahan bagi peserta pelatihan untuk menguasai trik marketing dari produk yang dihasilkan.

Manager Komunikasi dan TJSL PLN UID Sumut Surya Sitepu mengatakan, Fitur Marketplace PLN Mobile juga memberikan wadah pemasaran bagi para pengrajin untuk menjual dan mempromosikan produknya.

“Produk yang memiliki ciri khas khusus itu biasanya produk yang berasal dari budaya daerah asli dan biasanya jauh dari perkotaan dan minim teknologi. Penjualannya pun terbatas karena kurangnya media promosi, sehingga perlu dibantu diarahkan untuk bergabung dalam Marketplace PLN Mobile,” tambah Satpaulina.

General Manager PLN UID Sumut Saleh Siswanto yang turut hadir berdiskusi dan duduk bersama para pengrajin di Kampung Ulos mengajak para pengrajin untuk bergabung dalam Marketplace PLN Mobile.

“Harapannya setelah bergabung, penjualan produk akan semakin besar dan luas, sehingga keuntungan pun meningkat,” ujar Saleh Siswanto.

Saleh Siswanto pun menambahkan, dengan terintegrasi antara fitur Marketplace dengan fitur aplikasi PLN Mobile lainnya, pelanggan bisa berbelanja kebutuhan sehari-hari, kebutuhan produksi sambil ikut membantu pemberdayaan UMKM lainnya, dan tentu sambil memenuhi kebutuhan kelistrikan lewat layanan dan promo PLN. (P2)

Berita Lainnya

Berita Terbaru