27 C
Medan
Jumat, September 20, 2024

Pertamina Eksplorasi Peluang Kerja Sama Hulu Migas di Amerika Latin dan Karibia

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Peru (buseronline.com) – PT Pertamina (Persero) tengah aktif menjajaki peluang kerja sama dalam pengembangan hulu migas di kawasan Amerika Latin dan Karibia (LAC). Langkah ini merupakan bagian dari komitmen Pertamina untuk memperkuat ketahanan energi nasional.

Fadjar Djoko Santoso, Vice President Corporate Communication Pertamina mengungkapkan bahwa eksplorasi ini sejalan dengan strategi Pertamina untuk memperkuat ketahanan energi melalui optimalisasi hulu migas domestik serta pengembangan migas di luar negeri.

“Pertamina membuka sinergi dengan berbagai pihak untuk mencapai tujuan ini,” ujar Fadjar.

Menurut Fadjar, LAC memiliki potensi migas yang besar dan menawarkan peluang yang signifikan bagi Pertamina.

Dengan pengalaman mengelola hulu migas di berbagai negara, termasuk Venezuela, Pertamina berfokus pada tiga negara utama: Suriname, Guyana, dan Brasil.

Suriname memiliki cadangan terbukti minyak mentah mencapai 89 juta barel dengan Staatsolie sebagai perusahaan utamanya.

Guyana diperkirakan akan menjadi salah satu penghasil minyak terbesar di Amerika Latin setelah penemuan blok Stabroek dengan potensi cadangan hingga 11 miliar barel setara minyak.

Sementara Brasil memiliki cadangan minyak cair yang dapat bertahan hingga 21,5 tahun dan cadangan gas hingga 28,7 tahun.

Sebagai pelopor dalam transisi energi, Pertamina juga berkomitmen pada target Net Zero Emission 2060 dan mendorong program-program yang mendukung Sustainable Development Goals (SDGs).

Semua upaya ini sejalan dengan penerapan prinsip Environmental, Social & Governance (ESG) dalam seluruh lini bisnis dan operasional Pertamina. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru