25 C
Medan
Kamis, September 19, 2024

PON XXI Dorong Infrastruktur, Seni, Budaya dan Wisata Sumut

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni mengungkapkan bahwa pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 memberikan dampak positif yang signifikan bagi Provinsi Sumut.

Dalam acara live Indonesia Forward yang membahas dinamika PON XXI, Sabtu, Fatoni menyatakan bahwa menjadi tuan rumah PON membawa berbagai keuntungan, terutama dalam hal pembangunan infrastruktur.

“Dengan menyelenggarakan PON, infrastruktur di Sumut mengalami perkembangan pesat. Sarana dan prasarana olahraga serta fasilitas pendukungnya terus dibangun. Selain itu, kegiatan ekonomi juga mengalami lonjakan,” ujar Fatoni.

Fatoni juga menyoroti dampak positif lainnya, termasuk peningkatan tenaga kerja, perkembangan seni dan budaya, serta meningkatnya kunjungan wisata. Ia menyebutkan bahwa tingkat okupansi hotel dan restoran meningkat signifikan, dan UMKM lokal mendapatkan dorongan yang besar.

“Selama PON berlangsung, Sumut melihat peningkatan kunjungan dari berbagai daerah dan luar negeri, seperti Belanda yang mencatat kenaikan 400%. Akibatnya, permintaan terhadap hotel, makanan, oleh-oleh, serta rental mobil juga meningkat,” tambahnya.

Sebagai tambahan, Fatoni mencatat pencapaian luar biasa dengan keterlibatan 75.000 volunteer, jumlah terbesar di dunia, bahkan melebihi jumlah volunteer di Olimpiade. Keterlibatan massal ini mencerminkan antusiasme dan dukungan masyarakat terhadap acara tersebut.

Fatoni menegaskan bahwa semua manfaat ini tidak hanya memperkenalkan Sumut ke tingkat nasional tetapi juga memberikan keuntungan ekonomi langsung bagi masyarakat setempat. Ia optimis bahwa PON XXI akan membawa dampak jangka panjang yang positif bagi Sumut. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru