26 C
Medan
Jumat, September 20, 2024

Apresiasi Penggerak Budaya di Malam Puncak AKI 2024

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – Kemendikbudristek menggelar Malam Puncak Anugerah Kebudayaan Indonesia (AKI) 2024, The Tribrata Hotel and Convention Darmawangsa, Jakarta, Selasa.

Mengusung tema “Persembahan Istimewa Bagi Penggerak Budaya,” acara ini menjadi momen penting untuk memberikan apresiasi kepada para pelaku budaya yang telah berkontribusi dalam pemajuan kebudayaan nasional.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada para penggerak budaya yang menerima maupun yang dinominasikan untuk penghargaan tersebut.

Menurutnya, penghargaan ini bukan sekadar bentuk seremoni, melainkan wujud nyata apresiasi pemerintah terhadap upaya penguatan ekosistem kebudayaan di Indonesia.

“Penggerak budaya mengajak kita semua untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga kebudayaan Nusantara. Merawat kebudayaan adalah tugas bersama, sehingga peradaban Indonesia tetap terjaga,” ujar Nadiem.

Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid, menambahkan bahwa para penerima penghargaan AKI adalah contoh teladan yang berhasil merealisasikan amanat UU Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Hilmar menyebut kreativitas dan dedikasi para penggerak budaya telah membuat kekayaan budaya Indonesia tetap hidup dan dinikmati lintas generasi.

Acara AKI 2024 memberikan penghargaan dalam beberapa kategori, seperti Maestro Seni Tradisi, Pelestari, Pelopor dan/atau Pembaru, Lembaga dan Perorangan Asing, Media, serta kategori Anak. Beberapa penerima penghargaan di antaranya Temu Misti (Seniman Tari Gandrung), Kartolo (Seniman Ludruk), dan Rusini (Penyusun dan Penari Tradisi).

Selain penghargaan bagi penggerak budaya, acara juga dimeriahkan dengan penampilan musisi nasional seperti Bunga Citra Lestari dan Saykoji. Sederet penari asuhan Ronald Soe juga turut mempersembahkan atraksi tarian modern, memperkaya malam puncak AKI 2024.

Perhelatan ini turut disiarkan melalui platform Indonesiana.TV yang bisa diakses secara daring, memberikan kesempatan lebih luas kepada masyarakat untuk ikut merayakan kontribusi penggerak budaya di Indonesia. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru