29 C
Medan
Minggu, September 22, 2024

Pilot Philip Dibebaskan Berkat Pendekatan Soft Approach Pemerintah

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Timika (buseronline.com) – Setelah disandera selama 1,5 tahun oleh KKB Egianus Kogoya di Nduga, Pilot Philip akhirnya berhasil dibebaskan.

Upaya ini merupakan hasil dari pendekatan “soft approach” yang diterapkan pemerintah, seperti dijelaskan Brigjen Pol Dr Faizal Ramadhani, Kaops Damai Cartenz 2024.

Menurut Faizal, pendekatan ini melibatkan dialog dengan tokoh agama, tokoh gereja, tokoh adat, dan keluarga dekat Egianus Kogoya untuk mengurangi risiko jatuhnya korban jiwa serta menjaga keselamatan pilot.

Pada Sabtu, Pilot Philip dijemput Tim Gabungan TNI-Polri di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kabupaten Nduga, dan langsung diterbangkan ke Mako Brimob Batalyon B/Timika.

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024, AKBP Dr Bayu Suseno memastikan bahwa Pilot Philip dalam keadaan sehat saat dijemput.

Setelah penjemputan, Pilot Philip akan menjalani mitigasi medis dan evaluasi psikologis.

Rencananya, konferensi pers akan digelar di Posko Operasi Damai Cartenz 2024 di Mako Brimob Batalyon B/Timika untuk menjelaskan lebih lanjut mengenai proses pembebasan ini. Media diundang untuk hadir dalam konferensi tersebut. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru