25 C
Medan
Selasa, September 24, 2024

Pengundian Nomor Urut Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan, Pilkada 2024

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – KPU Kota Medan resmi menggelar pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan, di Hotel Selecta, Jalan Listrik Medan, Senin.

Sebelumnya, KPU Medan telah menetapkan tiga pasangan calon peserta Pilkada Medan 2024 melalui rapat pleno tertutup, Minggu.

Ketiga pasangan calon yang akan bersaing dalam Pilkada Medan 2024 adalah:

1. Rico Tri Putra Bayu Waas dan Zakiyuddin Harahap, diusung koalisi partai Gerindra, NasDem, Golkar, PSI, Demokrat, PAN, PKB, dan Perindo.

2. Prof Ridha Dharmajaya dan Abdul Rani, diusung PDI Perjuangan, Hanura, PPP, Partai Ummat, Gelora, PKN, Partai Buruh, dan PBB.

3. Hidayatullah dan Ahmad Yasyir Ridho Lubis, yang diusung PKS.

Acara pengundian nomor urut ini dipimpin Ketua KPU Medan Mutia Atiqa dalam rapat pleno terbuka yang turut dihadiri empat komisioner KPU lainnya, yaitu Muhammad Taufiqurahman Munthe (Divisi Teknis Penyelenggaraan), Bobby Niedal Dalimunthe (Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM), Zefrizal (Divisi Hukum dan Pengawasan), dan Saut Haornas Sagala (Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi).

Seluruh pasangan calon diharuskan hadir secara langsung tanpa perwakilan dalam pengundian ini. Acara ini juga dihadiri unsur Forkopimda, ketua-ketua partai pengusung, tokoh agama, ormas, sejumlah anggota DPRD Medan, dan para rektor universitas.

Pengundian nomor urut diawali dengan pengambilan nomor antrian oleh masing-masing paslon, di mana paslon dengan nomor antrian terkecil berhak mengambil nomor urut terlebih dahulu.

Berdasarkan hasil pengundian, Prof Ridha Dharmajaya-Abdul Rani mendapatkan nomor urut 2, Rico Waas-Zakiyuddin Harahap memperoleh nomor urut 1, dan Hidayatullah-Yasyir Ridho Lubis mendapat nomor urut 3.

Dengan penetapan ini, ketiga paslon siap memasuki tahap kampanye menuju Pilkada Medan 2024 yang akan digelar Desember mendatang. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru