29 C
Medan
Minggu, September 29, 2024

PLN UP3 Binjai Sosialisasikan Program BIS LIPIN kepada Kelompok Tani Langkat

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Langkat (buseronline.com) – PLN UP3 Binjai, bersama Pemkab Langkat, telah menggelar sosialisasi program inovatif Binjai Smart Electric Point (BIS LIPIN) di Ruang Pola Bupati Langkat, Rabu.

Acara ini dihadiri oleh Gabungan Kelompok Tani se-Kabupaten Langkat. Tujuannya adalah untuk memberikan pemahaman mengenai kemudahan akses listrik bagi para petani, peternak, dan UMKM yang sering mengalami kendala biaya penyambungan listrik permanen.

Program BIS LIPIN dirancang khusus untuk mendukung masyarakat yang membutuhkan listrik dalam jangka waktu tertentu, seperti petani yang memerlukan listrik untuk mengoperasikan pompa pengairan. Dengan BIS LIPIN, pelanggan hanya perlu mendaftar melalui tautan yang disediakan, membeli token sesuai kebutuhan, dan PLN akan mengirimkan perangkat BIS LIPIN langsung ke lokasi pengguna.

Manager UP3 Binjai, Darwin Simanjuntak, dalam sambutannya menyampaikan bahwa BIS LIPIN merupakan solusi bagi para petani untuk mendapatkan listrik yang terjangkau.

“Kami berharap BIS LIPIN dapat menjadi solusi efektif bagi masyarakat, terutama para petani yang kesulitan mendapatkan akses listrik yang terjangkau dan sesuai kebutuhan. Melalui program ini, PLN berkomitmen untuk mendukung produktivitas mereka dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah,” ungkap Darwin.

General Manager PLN UID Sumut, Saleh Siswanto, menambahkan bahwa PLN terus berupaya mendorong peningkatan swasembada pangan dan mendukung pelaku UMKM di Sumut dengan menyediakan listrik yang andal dan berkualitas.

“Kami yakin, dengan listrik yang andal, produktivitas masyarakat di berbagai segmen akan meningkat. Ini sejalan dengan penerapan budaya AKHLAK BUMN dalam kinerja 5 tahun di bawah kepemimpinan Erick Thohir,” jelas Saleh.

Program ini juga memberikan fleksibilitas lebih kepada pelanggan, karena penggunaannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan energi harian. Ini menjadi solusi bagi petani dan pelaku UMKM yang tidak memerlukan listrik secara permanen, tetapi hanya sesekali dalam kegiatan operasional. Dengan sistem token, pelanggan dapat mengontrol penggunaan listrik secara efisien.

Sosialisasi BIS LIPIN diharapkan mampu membuka akses listrik yang lebih luas bagi masyarakat di sektor pertanian dan UMKM, sehingga meningkatkan produktivitas tanpa terbebani biaya penyambungan listrik yang tinggi. Program ini merupakan bagian dari komitmen PLN dalam mendukung ekonomi hijau dan energi terbarukan yang lebih inklusif. (P2)

Berita Lainnya

Berita Terbaru