25 C
Medan
Selasa, Oktober 1, 2024

Satgassus Korupsi Mabes Polri Laporkan Kinerja Setahun

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – Satgassus Pencegahan Korupsi Mabes Polri melaporkan kinerja yang telah dilakukan sepanjang tahun 2024 kepada Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Dalam kesempatan tersebut, laporan disampaikan oleh Kasatgassus Herry Muryanto dan Wakasatgassus Novel Baswedan di Ruang Rapat Tribrata Mabes Polri, Kamis.

Kapolri Jenderal Sigit menyampaikan apresiasi terhadap berbagai program yang telah berhasil dilaksanakan oleh tim Satgassus Pencegahan Tipikor Polri. “Saya berkesempatan menerima laporan pelaksanaan tugas Satgassus Pencegahan Tipikor Polri dan menilai kerjasama yang telah terjalin dengan 12 Kementerian/Lembaga, termasuk Kemenkeu, Kementan, Kementerian ESDM, Kementerian PUPR, dan lainnya,” ungkapnya.

Herry Muryanto menambahkan, upaya pencegahan korupsi diprioritaskan pada empat sektor utama: pelayanan publik, ketahanan pangan, ketahanan energi, dan penerimaan negara. Saat ini, dua kementerian, yaitu Kemendiknas dan Badan Bank Tanah Nasional, sedang dalam proses pendampingan.

Respons dari pihak kementerian dan lembaga yang didampingi sangat positif. Satgassus juga berencana untuk menerbitkan dua buku yang membahas pencegahan korupsi, serta telah menghasilkan lima kajian terkait tata kelola, antara lain kajian distribusi pupuk subsidi dan kajian pemulihan ekonomi nasional di sektor infrastruktur pertanian.

“Ke depan, program pencegahan tindak pidana korupsi akan terus ditingkatkan dengan melibatkan lebih banyak kementerian dan lembaga. Satgassus terbuka untuk kementerian atau lembaga lain yang ingin berkolaborasi dalam program pencegahan antikorupsi,” jelas Herry.

Dengan upaya ini, diharapkan penguatan antikorupsi dapat memperkuat integritas pegawai kementerian dan lembaga serta mencegah terjadinya penyelewengan dan kerugian negara. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru