25 C
Medan
Minggu, September 29, 2024

338 Talenta Vokasi Tampilkan Keterampilan Kewirausahaan di FIKSI 2024

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) 2024 resmi dibuka di Jakarta, 24-29 September 2024, dan diikuti oleh 338 siswa dari 176 tim SMA/MA dan SMK.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kemendikbudristek dengan mengusung tema “Merdeka Berprestasi, Talenta Vokasi Menginspirasi.”

FIKSI bertujuan untuk meningkatkan minat kewirausahaan di kalangan pelajar serta mengembangkan keterampilan kreatif dan inovatif.

Kepala Pusat Prestasi Nasional, Maria Veronica Irene, Kamis, menyatakan bahwa ajang ini tidak hanya sebagai kompetisi, tetapi juga sebagai sarana untuk membekali siswa dengan kemampuan berpikir kritis dan kolaborasi yang sangat diperlukan di era yang penuh tantangan.

Suharti, Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, mengajak peserta untuk memanfaatkan kesempatan ini untuk berkolaborasi dan menciptakan karya bersama siswa dari berbagai daerah.

Sementara itu, Wientor Rah Mada, Direktur Utama SMESCO Indonesia, menegaskan pentingnya dukungan pemerintah untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) agar mampu bersaing di pasar global.

Melalui FIKSI 2024, diharapkan generasi muda Indonesia dapat mengembangkan inovasi yang berdampak positif bagi masyarakat dan lingkungan, serta mempersiapkan diri menghadapi tantangan masa depan. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru