25 C
Medan
Minggu, September 29, 2024

Pemimpin Asia-Pasifik Diskusikan Kesehatan dan Lingkungan di Jakarta

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – Para menteri dan pejabat senior dari kawasan Asia-Pasifik berkumpul di Pertemuan Pejabat Tingkat Tinggi (HLOM) ke-12 dan Pertemuan Menteri ke-5 Forum Regional Asia-Pasifik tentang Kesehatan dan Lingkungan (APRFHE) yang berlangsung di Swissotel PIK Avenue, Jakarta, 24-26 September 2024.

Acara ini diselenggarakan melalui kerja sama antara Kementerian Kesehatan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dan Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNEP).

Tujuan utama pertemuan adalah memperkuat kerja sama regional dan menemukan solusi berkelanjutan untuk tantangan di bidang kesehatan dan lingkungan.

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Buwono membuka acara dengan harapan bahwa forum ini dapat memfasilitasi pertukaran pengetahuan dan praktik terbaik dalam mengatasi tantangan kesehatan dan lingkungan yang mendesak.

Diskusi akan mencakup isu-isu seperti adaptasi perubahan iklim, pengendalian polusi, serta kesiapsiagaan menghadapi pandemi.

Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, Sigit Reliantoro menekankan pentingnya kolaborasi yang efektif untuk mengatasi isu-isu strategis.

Ia juga menyampaikan apresiasi atas keterlibatan aktif para delegasi dalam proses pengembangan Deklarasi Jakarta, yang akan merumuskan komitmen dan strategi bersama.

Forum APRFHE, yang didirikan pada 2004, telah berperan penting dalam mendorong kerja sama antarnegara dalam menghadapi tantangan di persimpangan kesehatan dan lingkungan.

Pertemuan ini diharapkan menjadi fondasi bagi kemitraan multilateral yang lebih kuat di kawasan, dengan hasil yang mencakup kebijakan baru dan inisiatif untuk meningkatkan tata kelola kesehatan dan lingkungan di tahun-tahun mendatang. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru