28 C
Medan
Senin, September 30, 2024

Suahasil Nazara Diskusikan Kerja Sama Ekonomi dengan Wamenkeu China

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – Wakil Menteri Keuangan Indonesia, Suahasil Nazara, mengadakan pertemuan dengan Wakil Menteri Keuangan China, Liao Min di Samarkand, Uzbekistan, 25 September 2024.

Pertemuan ini membahas berbagai isu penting terkait ekonomi dan kerjasama bilateral antara kedua negara.

Dalam kesempatan tersebut, Suahasil menyampaikan bahwa transisi pemerintahan di Indonesia berjalan lancar dan menyatakan komitmen Presiden terpilih Prabowo Subianto untuk melanjutkan kebijakan pembangunan yang berkelanjutan.

Suahasil juga mengusulkan pembentukan High Level Policy Dialogue (HLPD) antara Indonesia dan China. Forum ini dianggap penting untuk membahas tantangan ekonomi bersama dan mengeksplorasi bidang-bidang kepentingan seperti perdagangan dan investasi. Ia menekankan bahwa HLPD tidak hanya akan memperkuat hubungan bilateral, tetapi juga stabilitas regional dan pertumbuhan ekonomi di Asia Tenggara.

Sebagai pemegang saham terbesar di Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB), Suahasil berharap China dapat mendukung perluasan operasional AIIB di Indonesia. Ia menyatakan kesiapan Indonesia untuk meningkatkan jumlah proyek dan pembiayaan melalui AIIB, serta pentingnya membentuk perwakilan AIIB di Indonesia untuk memperkuat hubungan dengan negara-negara ASEAN.

Di sisi lain, Suahasil mengapresiasi dukungan China dalam seleksi Deputy Director 3 di ASEAN+3 Macroeconomic Research Office (AMRO), yang diharapkan dapat mendorong stabilitas keuangan di kawasan.

Liao Min menyambut baik inisiatif HLPD dan memberikan apresiasi atas transisi pemerintahan Indonesia. Suahasil berharap kerjasama kedua negara dapat terus memberikan manfaat bagi kedua belah pihak dan memperkuat stabilitas kawasan ASEAN serta hubungan ASEAN+3. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru