28 C
Medan
Sabtu, Oktober 5, 2024

Pelantikan 580 Anggota DPR Periode 2024-2029

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – Sebanyak 580 anggota DPR terpilih untuk periode 2024-2029 resmi dilantik di Ruang Sidang Paripurna, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa.

Pelantikan ini dihadiri oleh Presiden Jokowi dan presiden terpilih Prabowo Subianto, serta jajaran menteri kabinet.

Pelantikan dimulai dengan pembacaan keputusan presiden mengenai peresmian keanggotaan DPR oleh Sekjen DPR Indra Iskandar. Para anggota kemudian mengucapkan sumpah/janji sebagai wakil rakyat yang dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung, Muhammad Syarifuddin. Dalam sumpahnya, anggota DPR berkomitmen untuk memenuhi kewajiban dengan sebaik-baiknya, mengutamakan kepentingan bangsa dan negara, serta memperjuangkan aspirasi rakyat.

Setelah pengucapan sumpah, dilakukan penandatanganan berita acara sumpah secara simbolis oleh lima anggota DPR. Selanjutnya, terjadi serah terima memori DPR dari pimpinan periode 2019-2024 kepada pimpinan sementara DPR.

Dari total anggota, yang termuda adalah Annisa MA Mahesa (23 tahun) dari Partai Gerindra, sementara yang tertua adalah Zulfikar Achmad (78 tahun) dari Partai Demokrat.

Sementara itu, Ketua DPP PDIP, Said Abdullah, mengungkapkan bahwa Puan Maharani akan kembali menjabat sebagai Ketua DPR, dengan calon pimpinan lainnya dari partai-partai koalisi yang tengah dibahas.

Pelantikan ini menandai awal tugas anggota DPR untuk melaksanakan fungsi legislasi, pengawasan, dan budgeting demi kepentingan masyarakat dan negara. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru