28 C
Medan
Sabtu, Oktober 5, 2024

UMKM Pertamina Raih Kesepakatan Transaksi Lebih Rp2 M di CAEXPO 2024

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – PT Pertamina (Persero) berhasil menyelesaikan partisipasinya dalam The 21st China ASEAN Expo 2024 (CAEXPO 2024), dengan kesepakatan transaksi mencapai lebih dari Rp2 M dari buyer Tiongkok untuk produk UMKM binaannya.

Selama pameran, Pertamina menampilkan beragam produk inovatif, termasuk makanan, kerajinan, dan kecantikan, yang menarik perhatian pengunjung. Partisipasi ini tidak hanya meningkatkan visibilitas produk mitra binaan, tetapi juga membuka peluang ekspansi ke pasar internasional dan kerja sama dengan mitra bisnis di kawasan ASEAN dan Tiongkok.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, menyatakan komitmen perusahaan dalam mendukung pengembangan UMKM melalui program pelatihan, akses teknologi, dan jaringan pemasaran. “Dengan semangat kolaborasi, diharapkan UMKM dapat meningkatkan daya saing dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional,” ujarnya.

Produk kecantikan dari UMKM Bali Ayu Nature menjadi yang paling diminati, dengan buyer besar Tiongkok, Ding Wei, mencapai kesepakatan transaksi lebih dari Rp2 M untuk body mist dan diffuser. Selain itu, dua eksportir besar Tiongkok juga menunjukkan minat untuk membeli produk kecantikan dalam jumlah besar.

Produk peralatan makan kayu dari UMKM Woodeco juga mendapatkan perhatian, dengan tiga buyer besar Tiongkok berminat mendatangkan produk ini secara skala besar.

Dalam sesi Business Matching, produk makanan dari Fish Skin berhasil menarik perhatian dua perusahaan Tiongkok, Shenzhen Shenhang Trade Ltd dan Beijing Jin San Fu Trading Co. Perusahaan Shenzhen bahkan menunggu penawaran harga dari UMKM Fish Skin. Desainer dari Singapura, Aivie, juga tertarik pada kain tenun premium dari NTB. Selama pameran, lebih dari 80% produk UMKM binaan Pertamina habis terjual.

Dengan dukungan Pertamina, diharapkan UMKM dapat terus berinovasi dan meningkatkan daya saing di pasar global. Keberhasilan ini menjadi langkah awal untuk memperkuat kolaborasi antara UMKM dan berbagai pihak di kawasan ASEAN serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif. Pertamina optimis bahwa UMKM binaannya akan terus tumbuh dan berkontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional.

Pertamina, sebagai pemimpin dalam transisi energi, berkomitmen mendukung target Net Zero Emission 2060 dan terus mendorong program-program yang berdampak pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs), sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnisnya. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru